Pemkot Bitung Bantu Penanganan Bibir Sumbing

0
21
Ketua TP-PKK Kota Bitung Khoni Lomban Rawung saat memeluk salah seorang anak penderita bibir sumbing. (Foto:ist)

SULUTIMES, Bitung – Dari 10 orang anak yang terdata mengalami kasus bibir sumbing di Kota Bitung oleh Pemerintah Kota Bitung melalui TP-PKK Kota Bitung yang nantinya akan menjalani operasi bibir sumbing dan direncanakan berlangsung di salah satu rumah sakit swasta, ternyata setelah melalui pemeriksaan kesehatan hanya enam orang anak yang dinyatakan siap untuk dioperasi.
Hal tersebut seperti yang disampaikan Ketua TP-PKK Kota Bitung disaat membawa anak-anak tersebut menjalani pemeriksaan akhir di salah satu RS di Manado, Rabu (24/01/2018).
“Ada enam anak yang akan menjalani operasi, dan operasi akan dimulai pada Jumat 26 Januari 2018. Namun baru empat orang anak yang akan dioperasi duluan, karena dua orang anak masih dalam pemulihan kesehatan,” jelas Rawung sembari mengungkapkan nama-nama anak yang segera dioperasi, Novri Adam usia 12 tahun, Juni Adam 10 tahun, Olivia 2 tahun dan Zulakarnain Randes berumur 4 tahun.
Menurut Rawung yang juga Ketua P2TPPA ini, penanganan akan bibir sumbing pada anak akan memperbaiki kemampuan berbahasa, kepercayaan diri, kreativitas, kesadaran sosial, kesadaran emosional dan inteligensia mereka.
“Ini merupakan suatu kegiatan mulia dalam mendukung aspek psikologis anak dalam masa tumbuh kembangnya,” tutur Rawung.
Lebih lanjut dikatakan Bunda PAUD kota Bitung ini bahwa kerja cepat dari Pemerintah Kota Bitung dalam mendata dan memberikan informasi melalui camat, lurah, kepala puskesmas yang berkolaborasi dengan TP-PKK lewat dasawisma-dasawisma, akhirnya dalam waktu yg singkat terdata 10 anak penderita.
“Terima kasih atas kesiapan semua yang telah terlibat untuk mengatasi kasus bibir sumbing di Kota Bitung,” pungkas Rawung.
Adapun kegiatan ini merupakan realisasi dari MoU yang dilakukan antara Pemerintah Kota Bitung, TP-PKK Kota Bitung serta PT Salim Ivomas Pratama untuk menangani kasus bibir sumbing di Kota Bitung.

Royke Rompas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini