KPU Bitung Gelar Uji Publik Empat Dapil

0
6
KPU Bitung bersama peserta uji publik.(foto:sulutimes)

SULUTIMES, Bitung – Dalam rangka memenuhi aturan UU NO 7 Tahun 2017 terkait Pemilihan Umum (Pemiliu) dan PKPU No tahun 16 Tahun 2017 terkait Daerah Pemilihan dan PKPU NO 5 tahun 2018 terkait tahapan, program dan jadwal yang merupakan perubahan dari PKPU no 7 thn 2017, KPU Kota Bitung menggelar uji publik lewat rapat koordinasi Penataan Daerah Pemilihan Pemilu Anggota DPRD tahun 2019, yang terbagi dalam Empat Daerah Pemilihan (Dapil), Jumat (09/02/2018) di hotel Nalendra Bitung.

Diketahui, ke empat dapil tersebut masing-masing Kecamatan Matuari-Ranowulu Dapil 1, Kecamatan Girian-Madidir Dapil 2, Kecamatan Maesa Dapil 3, Kecamatan Aertembaga, Lembeh Selatan dan Lembeh Utara Dapil 4.

Menurut Ketua KPU Sammy Rumamby, 4 Dapil inilah yang sudah sesuai dan memenuhi persyaratan UU Pemilu, PKPU No 16 tahun 2017 dan memperhatikan 7 prinsip penataan Dapil.

“Untuk Kota Bitung sendiri, KPU sudah sepakat mengusulkan 4 Dapil untuk ditetapkan KPU Pusat. Apalagi setelah di uji publik, semua peserta baik perwakilan Parpol, pemangku kepentingan, Panwas, pemerintah, tokoh Masyarakat, tokoh Agama dan aparat keamanan menyetujui dan tidak ada masalah,” jelas Rumamby.

Terpisah, perwakilan Partai Politik Suleman Luawo mengatakan mendukung KPU Bitung dalam pelaksanaan 4 Dapil yang sudah sesuai dengan aturan dan mekanisme.

“Selama KPU menjunjung tinggi aturan dan berlaku adil dan bijaksana dalam melaksanakan Tahapan Pemilu, tentu kami akan mendukung, apalagi 4 Dapil ini sudah memenuhi unsur kesetaraan nilai suara, ketaatan pada sistem pemilu yang proporsional, proporsionalitas, integralitas wilayah, berada pada cakupan wilayah yang sama, kohesivitas dan kesinambungan. Jadi keputusan KPU ini sangat menguntungkan semua partai politik, dan pemangku kepentingan,” terangnya.

Hadir dalam kegiatan uji publik tersebut, Ketua Panwas Kota Bitung, Perwakilan Partai Politik, Kakan Kesbangpol, Aparat Keamanan, tokoh Agama, tokoh Masyarakat, Karang Taruna dan KPU Bitung sebagai penyelenggara kegiatan Tahapan Pemilu.

 

Lee