Your Ads

Wednesday, Apr 24, 2019
HomeActual & ValidSulutBitungLomban Hadiri Penyerahan Makam Terdampak Jalan Tol

Lomban Hadiri Penyerahan Makam Terdampak Jalan Tol

Walikota tabur bunga di TPU Pinokalan.(ist)

SULUTIMES, Bitung – Setelah selesai melakukan relokasi makam Kelurahan Sagerat Weru II yang terdampak pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung, panitia pemindahan makam menyerahkannya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung, ditandai dengan penandatanganan berita acara penyerahan, di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Pinokalan, Kecamatan Ranowulu, Kamis (11/4/2019).

 

Dalam sambutannya, Lomban mengucapkan terima kasih atas peran dari panitia yang telah melakukan pemindahan lahan pekuburan umum Sagerat Weru II yang terdampak pembanunan jalan tol Manado – Bitung ke TPU Pinokalan. “Saya selaku Pemkot Bitung, juga berterima kasih kepada para ahli waris yang sudah mendukung dan mengerti dan melihat hasilnya, ini semua untuk penataan yang baik dan teratur,” ujar Lomban.

 

Lanjutnya, Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, selanjutnya akan bertanggung jawab dalam menata pekuburan dan pertamanan. “Saya menyampaikan kepada ahli waris, hak-hak kalian tidak ada yang dikurangi sepeserpun, karena semua yang menjadi hak saudara, diberikan secara non tunai, karena itu yang menjadi kesepakatan Pemkot Bitung dengan pihak BPK Jalan Tol untuk memberikan hak mereka sepenuhnya,” ujarnya

 

Lomban berharap, apa yang sudah dilakukan pemerintah dalam hal penataan pekuburan bisa berjalan dengan lancar. “Melihat pekerjaan dengan kondisi makam yang rapi ini, dapat menjadi potensi wisata baru. Patut diapresiasi panitia pemindahan makam, karena selama proses evakuasi tidak terjadi konflik dari ahli waris,” pungkasnya.

 

Sebelumnya, Ketua Panitia pemindahan makam Sagerat Weru II, Handi Tandiapa, melaporkan, anggaran yang dikeluarkan sebesar Rp. 7,8 miliar terbagi dari fisik Rp. 3,3 miliar dan non fisik Rp. 4,5 miliar. Jumlah yang tidak terdeteksi 25 kubur Kristen dan 4 kubur Islam, yang dimakamkan di luar TPU Pinokalan 45 kubur Kristen dan 20 kubur Islam, sedangkan yang dimakamkan di TPU Pinokalan 534 kubur Kristen dan 216 kubur Islam, total 750 makam. Hadir juga mendampingi Lomban, Sekretaris Kota Bitung DR Audy Pangemanan, Asisten I Drs Okavianus Tumundo, Asisten II Jeffry Wowiling , Kepala Dinas Perkim Hendri Sakul dan jajaran, Polsek Ranowulu, Camat Ranowulu, Camat Madidir, Lurah, dan ahli waris.

Ronny/Qys

Comments

comments

Bersama Wagub SK di
FIP Unima Siap Ikut

viktory.rotty@yahoo.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

Pin It on Pinterest

Share This