Terkait Penumpang KM Portlink, Pemkot Bitung Mengacu Permenhub 25, Dandel : Mereka Sudah Dibawah ke Rumah Singgah

0
42
Penumpang KM Portlink Pemkot Bitung Mengacu Permenhub 25 Dandel Mereka Sudah Dibawah ke Rumah Singgah
Suasana di Pelabuhan Samudra Bitung.(istimewa)

SULUTIMES, Bitung – Pemerintah Kota Bitung mempertanyakan sikap Gugus Covid-19 Sulut dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus covid 19 di Sulut.

Hal tersebut seperti tertuang dalam rilis yang masuk ke redaksi sulutimes.com tertanggal 29 April 2020 di mana isinya menerangkan sebagai berikut :

Ditengah upaya pemerintah memutus rantai penyebaran COVID -19 di Indonesia, Kota Bitung dikejutkan dengan kedatangan KM PORTLINK dari Ternate yang mengangkut 106 warga secara tiba tiba. PadahaI Permerintah pusat telah mengeluarkan Peraturan Menteri Perhubungan RI No PM 25 Tahun 2020 tentang ”Pengendalian transportasi selama Mudik ldul Fitri ”

Dihubungi Iangsung via telepon, Walikota Bitung Max J Lomban menyatakan pihak pemerintah Kota Bitung patuh kepada PERMEN RI No 25 dan menyatakan patuh menutup pelabuhan dan wilayah Kota Bitung. Namun atas pertimbangan kemanusiaan, Walikota Bitung telah bersurat pada tanggal 27 April 2020 kepada Gubernur Sulawesi Utara selaku ketua Gugus Tugas COVID 19 SULUT untuk memohon arahan terkait penanganan rombongan tersebut. Namun hingga kini belum terdapat balasan apapun atas surat yang dikirimkan. Dilain hal, Kapal RM PORTLINK sudah diberangkatkan dari Ternate. Perlu diketahui penumpang di KM Portlink terdiri dari masyarakat yang berdomisili di Kab Kota Se-Sulawesi Utara, bahkan ada yang dari luar provinsi Sulawesi utara.

Menurut informasi masih ada beberapa KMP lain yang ingin masuk melalui Kota Bitung yang kemudian para penumpangnya akan kembali ke kota atau daerah masing-masing baik berasal dari Sulut maupun dari provinsi lainnya. Jika hal ini terus terjadi maka potensi penyebaran COVID 19 di provinsi SULUT akan semakin tinggi, lalu apa saja yang dikerjakan GUGUS COVID 19 SULUT ?

Dalam rilis ini pula disampaikan pesan kunci dari pemerintah kota Bitung sebagai berikut :
1. Permintah Kota Bitung Patuh kepada PM 25 tentang Pengendalian Transportasi selama mudik ldul Fitri.
2. Pemerintah Kota Bitung dalam hal ini Gugus Tugas COVID 19 Kota Bitung bertindak tegas untuk menutup alur masuk penumpang ke pelabuhan Kota Bitung.
3. GUGUS COVID 19 SULUT TIDAK PEKA TERHADAP PM HUB 25 Tahun 2020, atas kondisi tidak dijawabnya surat Walikota Bitung tertanggal 27 April 2020, terkait rencana kedatangan kapal.
4. GUGUS COVID 19 BERSIFAT ACUH DAN TIDAK BERTANGGUNG JAWAB ATAS KONDISI YANG TERJADI ( Kasus kedatangan KM PORTLINK).

Sementara itu, juru bicara Satgas Covid-19 Sulut dr Steaven Dandel saat dikonfirmasi sulutimes.com melalui pesan WhatsApp membenarkan kedatangan penumpang KM Portlink.

“Sudah tiba dan sudah dibawa ke rumah singgah Maumbi dan Bapelkes…oleh petugas Gugus Tugas Provinsi..,” tulis Dandel.

 

Jakas/*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini