Karang Taruna Mongkoinit Lestarikan Budaya Dengan Gelar Lomba Dana-Dana

0
55
Tarian Dana-dana yang sementara diperagakan Salah satu peserta.(sulutimes)

SULUTIMES, Bolmong – Untuk menjaga dan melestarikan budaya Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) khususnya tradisi tari-tarian daerah, Karang Taruna Desa Mongkoinit, Kecamatan Lolak, menggelar kegiatan dana-dana untuk usia anak-anak.

Kepada wartawan sulutimes.com Ketua Karang Taruna Desa Mongkoinit Umarudin Mokoagow mengatakan, kegiatan ini untuk menjaga tradisi berupa tari-tarian daerah ditengah pengaruh kemajuan jaman memang bukanlah perkara mudah. Menyadari akan hal itu pihaknya coba berkontribusi melalui pagelaran perlombaan.

“Tarian daerah yang kita perlombakan adalah tarian Dana-Dana dengan kategori usia anak. Karena memang potensinya juga cukup besar, seiring tingginya antusias warga terlebih bagi usia anak-anak untuk belajar tarian daerah,” ucap Umarudin, Senin (24/09/2018)

Menurut pemuda yang akrab di sapa Udin ini, untuk perlombanya sudah berlangsung selama sepekan dengan delapan kelompok peserta dari sejumlah sanggar tari yang ada didalam desa.

“Kali ini memang kita masih khususkan dulu di dalam desa, dan kedepannya kita pun akan berkoordinasi dengan pengurus Karang Taruna ditingkatan kecamatan supaya boleh menggelar even lebih besar lagi,” terangnya.

Secara terpisah, Kepala Desa Mongkoinit melalui Sekretaris Desa Herdi Paputungan mengatakan tentu sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang digagas oleh pemuda Karang Taruna di desanya itu.

“Ini adalah kegiatan positif, dan memang sudah sejalan dengan upaya pemerintah desa untuk mewujudkan desa Mongkoinit sebagai pusat pengembangan budaya Bolmong termasuk budaya Lokal kecamatan Lolak,” singkat Paputungan.

 

Adri Paputungan

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here