SMKN 1 Lolak Gelar Studi Visit di Dua Perusahaan Raksasa Cina

0
63
Guru dan Siswa SMKN 1 Lolak saat berada di PT Conch.(sulutimes)

SULUTIMS, Bolmong – Untuk menambah pengalaman dan pengetahuan secara langsung bagi para siswanya, jajaran Guru Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Lolak memboyong 40 orang siswanya untuk ikut Study Visit di dua perusahaan raksasa asal Cina yang ada di wilayah Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolmong, yakni PT CONCH dan PT Kemeindo.

Menurut Kepala Sekolah SMKN 1 Lolak Nin Paputungan SPd kegiatan yang dipusatkan pada dua perusahaan raksasa asal Cina itu antara lain guna pengembangan jurusan yang dilakukan berdasarkan keterkaitan mata pelajaran dan spesifikasi jurusan masing-masing.

“Kegiatan ini diberi nama Study Visit tujuan untuk meninjau langsung kagiatan pabrik yang ada hubungan dengan materi pelajaran di sekolah khusunya mata pelajaran jurusan,” terang Paputungan, Senin (24/09/2019)

Adapun pemilihan dua perusahan raksasa yang dimaksud yakni untuk PT CONCH dijadikan tempat Study Visit bagi jurusan Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL). Sementar untuk PT Kemindo yang terletak di desa Labuan Iko, dijadikan tempat Study Visit jurusan Otomatisasi Tata Kelolah Perkantoran (OTKP).

“Kalau di tahun-tahun sebelumnya kita banyak mengirim siswa untuk menambah pengetahuan lapangan di Kota Bitung. Dan satu kesyukuran mulai tahun 2019 ini sudah ada perusahaan yang bisa di bilang cukup representatif secara nasional bahkan internasional, artinya kita tidak perlu lagi repot-repot belajar di daerah lain,” tuturnya lagi.

Sementara itu salah satu guru pembimbing Study Visit SMKN 1 Lolak Rini Mokodompit Spd Msi menjelaskan saat berada di PT CONCH para siswanya dijelaskan mulai dr sejarah PT CONCH secara global serta secara nasional di wilayah Bolmong kemudian diajak melihat-lihat sambil dijelaskan bagaimana proses pembuatan semen Conch mulai dari penambangan sampai pada proses pendistribusian melalui pelabuhan sendiri.

“Hal yang sama juga kami dapatkan di PT Komenido. Kami di terima dan di dampingi langsung oleh pihak manajem serta dibekali fasilitas keselamatan kerja sebelum mengitari perusahaan,” tutup Mokodompit.

Untuk diketahui Studi Visit ini sudah di laksanakan secara bergantian sejak awal September 2019 lalu, terakhir pada pertengahan minggu kemarin.

 

Adri Paputungan

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here