Ketua Fraksi PKB DPRD Bolmong Supandri Damogalad (Kiri) Ketua Fraksi PKS DPRD Bolmong Muh Syahrudin Mokoagow (Kanan)

SULUTIMES, Bolmong – Arus penolakan terhadap Rancangan Undang-undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) belakangan ini terus menggema diseluruh pelosok tanah air. demikian juga dengan sikap Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di DPRD Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Kepada Sulutimes.com Ketua Fraksi PKB DPRD Bolmong Supandri Damogalad SIP mengatakan Partai dimana dirinya berafilisi mulai dari tingkatan pusat hingga daerah satu suara menolak RUU HIP.
“RUU HIP bukan hanya soal tidak diakomodirnya Tap MPRS Nomor XXV/ 1966 tentang pembubaran PKI. namun RUU tersebut mengarah kepada upaya merubah arah ideologi Bangsa yang terkandung dalam rumusan Pancasila,” ungkapnya. Jum’at (19/06/2020)

Menurut Damogalad. Pancasila berisikan sistem pemikiran, cara pandang, sistem keyakinan dan cita-cita bangsa Indonesia yang bersumber pada lima sila Pancasila kemudiam menjadi dasar haluan untuk wewujudkan tujuan nasional.
“Pancasila itu sudah final sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia, jadi tidak perlu diutak-atik apa lagi diundang-undangkan dengan memberi terjemahan baru,” ujar Mantan aktifis PMII Manado dan Ketua GP Ansor Bolmong ini.

Senada disampaikan Ketua Fraksi PKS DPRD Bolmong Sahrudin Mokoagow. RUU HIP terkesan dipaksakan dengan memanfaatkan situasi dimana negara sedang dimhipit persoalan upaya menghadapi covid-19.
“RUU HIP tidak mendesak disituasi saat ini, yang terpenting adalah bagaiman semua lembaga Negara boleh bersinergi merumuskan kebijakan meyelamatkan bangsa di tengah pandemi,” sebut Eks Ketua Pemuda Muhamadia Bolmong ini.

Semantara itu, menanggapi maklumat dan seruan MUI terkait rencana menggelar aksi parlemen jalanan ketika RUU HIP masih dipaksakan untuk dibahas oleh DPR-RI kedua mantan aktifis mahasiswa tersebut mengatakan siap memberi dukungan penuh.
“Secara peribadai dan organisasi kita siap untuk turut melakukan aksi penolakan,” ungkap Mokoagow.

(ADRI PAPUTUNGAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here