3 Tahun Menjabat, Yasti Belum Penuhi Janjinya Memberi Beasiswa PT Bagi Mahasiswa Bolmong

0
435
Bupati Bolmong Yasti Suprejo Mokoagow

SULUTIMES, Bolmong – Untuk menarik simpati dan dukungan masyarakat saat mencalonkan diri sebagai Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) 2017 silam, salah satu poin yang dijanjikan Yasti Suprejo Mokoagow pada Visi-Misinya akan mengalokasikan anggaran Daerah untuk Beasiswa bagi anak-anak Bolmong yang ingin melanjutkan study ke Perguruan Tinggi (PT).
Sayangnya, meski sudah 3 tahun menduduki tahta kepemimpinan tertinggi di Kabupaten tertua di BMR tersebut, Mantan anggota DPR-RI dua periode itu belum lagi mampu membuktikan janjinya hingga sejumlah Pemberhati pun angkat bicara.

Kepada wartawan sulutimes.com mantan Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Universitas Negeri Gorontalo Rudi Satria Bonuot, SH, MH mengatakan. sangat disayangkan jika 3 tahun berlalu kemudian beasiswa yang di janjikan ternyata belum ada kejelasan.
“Jika demikian adanya, Konsep dan Komitmen Yasti membangun Sumber Daya Manusia (SDM) patut dipertanyakan,” ungkapnya. Jum’at (03/07/2020).

Sebagai salah satu pendukung Yasti dimasa itu kata Satria, dirinya begitu menaruh harapan besar jika pergantian Kepala Daerah akan membawa banyak perubahan terutama disektor pendidikan.
“Saat ini banyak para calon mahasiswa dan mahasiswa asal Bolmong begitu membutuhkan campur tangan Pemerintah untuk sekedar meringankan beban biaya kuliah mereka,” terang Aktivis asal Kecamata Lolayan ini.

Menurutnya, kondisi Bolmong sampe hari ini cukup mengundang keperihatinan. sebab, jangankan beasiswa full, untuk beasiswa akhir study saja tidak ada, semntara dipemerintahan sebelum-sebelumnya alokasinya ada.
“Tidak dalam konteks membandingkan, namun yang jadi pertanyaan jika di Daerah lain seperti Bolsel, Boltim, Bolmut dan KK alokasi beasiswanya ada. trus Bolmong kenapa tidak ada,” sebutnya lagi.

Meski begitu, Satria masih tetap berharap disisa akhir masa jabatanya. Yasti masih akan tetap merealisasikan apa yang sudah ia janjikan.
“Jika memang ada keinginan, tak ada yang namanya kata terlambat, paling tidak masih ada sisa waktu dua kali kesempatan penyusunan anggaran Daerah untuk merealisasikan janjiknya,” tambahnya.

Senada disampaikan Reza Saputra Tohis S,Pd, M,Ag. Menurutnya, membangun daerah dengan mendorong peningkatkan kualitas SDM wajib hukumnya. sebab hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai sejarah peradaban.
“Jika Bolmong ingin berkembang, atau CERDAS, HEBAT dan MAJU sesuai dengan slogan Bupati. perluada keseriusan membangun SDM termasuk pemberian beaiswa,” tambah Akademisi Mudah asal Kecamatan Lolak ini.

Terpisah Kepala Dinas Pendidikan Renti Mokoginta saat coba di mintai tanggapannya pada beberpa waktu lalu membenarkan kalau memang saat ini di Bolmong belum mengalokasikan anggaran Beasiswa, namun kedepan ini akan mengalokasikanya.
“Andaikan tidak dalam kondisi Pandemi, kemungkinan besar sudah dianggarkan,” terang Mokoginta.

Dirinya juga menjelaskan kalu sebagaiman dorongan DPR pihaknya juga sudah menyusun proposal untuk pengusulan dana hibah Beasiswa Tahun Depan.
“Insyaallah akan kita maksimalakan tahun depan,” pungkasnya.

(ADRI PPUTUNGAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here