Inilah Janji Yasti Yang Belum Terpenuhi Selama Hampir 4 Tahun Menjabat Bupati

0
617
Bupati Bolmong Dra Yasti Suprejo Mokoagow

SULUTIMES, Bolmong – Memasuki empat tahun masa kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Dra Yasti Suprejo Mokoagow dan Yanny Ronny Tuuk STh cukup banyak janji politik serta visi-misinya yang belum terlaksana dengan baik.

Boleh dikata kepemimpin pasangan disapa Y2 ini nyaris begitu bergantung pada Program Pemerintah Pusat yang jauh sebelum sudah dimulai para pendahulunya misalnya pembangunan Bandara, Terminal tipe A, Pengembangan Pelabuhan Labuan Uki, bahkan untuk kegiatan pelebaran jalan di pusat Ibu Kota juga hanya melanjutkan kegiatan lama.

Sebagai orang yang dipercaya untuk menetukan arah kebijakan pembangunan di Bolmong 2017-2022, pengalaman pernah menjabat anggota DPR-RI dua periode harusnya cukup memberikan jaminan kalau Bolmong akan jauh lebih baik dan mampu bersaing dengan daerah lainya.

Tak sampai disitu, pada 2019 silam disaat 14 Kabupaten/Kota se Sulut kompak meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Bolmong justru berada diurutan paling bawah dan menjadi satu-satunya Daerah yang medapatkan Opini Disclaimer yakni paling rendah dalam prestasi pengelolan, administrasi, aset, dan keuangan.

Sementara itu Ketua Dewan Penasehat Organisasi (DPO) Kerukunan Pelajar Mahasiswa Kecamatan Lolak (KPMKL) cabang Kotamobagu Ruslin Paputungan menilai. 3 tahun lebih itu bukanlah waktu yang singgkat. artinya ada 3 kali APBD yang sudah lewat yang harusnya dapat dimaksimalkan oleh Bupati dan Wakil Bupati pemanfaatannya.

“Sejau ini, kreatifitas pemerintah dalam merumuskan pos-pos anggaran daerah belum dimaksimalkan. sehinga prestasi yang dianggap dominan pemimpin saat ini dan terdahulu tidak jauh beda,” sebut Paputungan.

Adapun sejumlah janji politik dan visi-misi Y2 yang belum dilaksanakan diantaranya.

– Untuk Pembangunan SDM/Berdaya saing di bidang Pendidikan.

1). Akan menyediakan beasiswa SD, SMP, SMA. (Belum Realisasi/Sudah dicover Pemerintah Pusat)

2). Akan bekerja sama dengan Perguruan Tinggi ternama serta akan menyediakan beasiswa S1, S2 bagi Putra-Putri Bolmong. (Belum Realisasi/Tidak Jelas)

– Berdaya saing dibidang Pertanian.
3). Akan meyediakan anggaran daerah untuk subsidi guna menjaga stabilitas harga Komoditi Padi, Jagung, dan hasil Pertanian lainya (Belum Realisasi/Tidak Jelas).

– Dibidang perikanan.
4). Akan menyedialan Kapal tanggkap untuk warga nelayan terutama diwilayah pesisir (Belum Realisasi)
5). Akan menyediakan Rumpon yang mampu di jangkau oleh nelayan Kecil.(Belum Realisasi)

– Untuk membantu pembangunan infrastruktur di Desa
6). Akan meyiapkan pembagian semen gratis di seluruh Desa se Bolmong. (Belum Realisasi/Tidak Jelas)

7). Akan memberikan penerangan yang maksimal di wilayah Ibu Kota karena dianggap gelap-gulita. (Belum Realisasi/Tidak jelas)

8). Akan melakukan penataan Ibu Kota dan menggejot pembangunan Infrastrukturnya.(Belum Maksimal)

 

ADRI PAPUTUNGAN

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here