Pisang Goroho

 

Oleh: Pdt Lucky Rumopa MTh
Ketua FKUB Sulut

GOROHO salah satu jenis pisang yang memiliki penampilan yang sangat berbeda dengan jenis lainnya apalagi cita rasanya. Sebab pisang jenis ini diyakini bisa menurunkan diabetes, hipertensi dan colestrol.

Nah.. Goroho atau nama asli “musa acuminafase” adalah hasil persilangan dengan jenis “musa balbisiana” (jenis pisang yg berbiji) pisang liar, itu sebabnya disilang dengan jenis acuminata yang akhirnya dikenal sebagai pisang GOROHO. Dia memiliki postur berbeda dgn pisang lainnya. Tangkai tinggi dan delapan sisir pisang.

Pisang sudah dimakan manusia sekitar 6000 tahun lalu dan menjadi makanan utama bayi. Sementara jenis Goroho adalah pisang yang populer di Sulut. Dan akibat covid-19 semua masyarakat harus jaga jarak dan lebih banyak diam dirumah. Nah, GOROHO salah satu pengecualian disaat senggang duduk sore-sore minum kopi dengan makan pisang Goroho terasa komplit social-distancing apalagi menjaga kondisi tubuh tetap fit.

Namun fenomena Goroho yang trend di media social menggeser nilai “jaga-jarak” kita yg menggetarkan sendi-sendi phsikologis pada perilaku yang tidak normal. Di mana memiliki dampak dari realitas kita bahwa ada letupan-letupan yang terjadi dalam kehidupan sosial. Dan ini trend pergeseran sosial yang terjadi di mana semakin berani tampil tanpa menyadari efek dan konsekwensinya.

Pakar-pakar pendidik dan lembaga-lembaga pedagogik harus bekerja keras, dinas pendidikan jangan terlena membangun infrastruktur sementara fenomena sosial sedang mewabah seiring wabah corona. Kembalikan citra GOROHO sebagai pisang unggulan yang dapat membawa devisa kita. Dari GOROHO-GATE yang melebihi skandal “barnaby joyce” dan fenomena Azmin Ali (menko malasyia). Ini berarti ada goroho-goroho lain dijadikan eksperimen “ekhisebisionisme yakni pelaku merasakan kenikmatan seksual bila korbannya terkejut saat ia beraksi. Misalnya, dengan memperlihatkan alat kelamin atau bahkan masturbasi di tempat umum atau melalui media.

Covid-19 seperti “iblis” yang menghantam manusia dari sendi-sendi utama yang mula-mula pada soal-soal ekonomi tapi yang jauh lebih berbahaya lama kelamaan merubah tatanan jiwa kita menjadi mudah marah..binci..dan berontak dan melakukan kejahatan tetapi juga bagi jiwa lemah dia berubah menyimpang pada hal-hql yang diluar dugaan.(*)

I’m lucky 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here