Begini Masukan Bang Ai Kepada Pemda dan Gereja Terkait Menanjaknya Positif Covid 19

0
1352
Begini Masukan Bang Ai Kepada Pemda dan Gereja Terkait Menanjaknya Positif Covid 19
Harley Mangindaan

SULUTIMES, Manado – Melihat problematika kota Manado akhir-akhir ini, sewajarnya haruslah dihadapi dengan kepala dingin karena secara historis jelas ada unsur sebab akibat masing-masing.

Kondisi sosial di tengah menanjaknya Positif Covid-19, Penatua Pria Kaum Bapa GMIM Wilayah Manado Timur 4 Harley Mangindaan memberikan masukannya kepada Pemerintah Daerah (Pemda) dan Gereja.

Wakil Walikota Manado Periode 2010-2015 tersebut berpendapat, yakni mengusulkan Rapid Test kepada sinode GMIM kepada Ketua-Ketua Jemaat maupun Pemda, serta problematika waktu pasien reaktif yang terlalu lama padahal sudah ada laboratoriumnya sekarang.

Harley Mangindaan sedikit membeberkan kegiatan positif digagasnya beberapa waktu lalu, Rapid Test di GMIM Bukit Moria Tikala Baru beberapa waktu lalu ditemukan ada yang Reaktif, kemudian lakukan isolasi mandiri.

“Akibatnya, terjadi tekanan psiikis akibat interval waktu terkait hasil swab test berdasar, temuan rapid test yang reaktif,” ujarnya.

Bang Ai melanjutkan pembahasan di atas, dengan mengusulkan kepada Sinode GMIM untuk lakukan rapid test kepada para Pendeta yang juga ketua jemaat di gereja masing-masing.

“Protap kesehatan sudah perlahan menjadi gaya hidup. Nda pake masker nda gaul begitupun pemeriksaan tentang virus corona pun perlahan tapi pasti sudah menu bagi warga begitupun lembaga GMIM sedang merancang,” sambungnya.

Doktoral Ekonomi Universitas Hansanudin itu menitip pemikirannya, penanganan data baru akibat reaktifnya pasien baru jangan menambah kegalauan warga sekitar pasien reaktif tersebut apalagi hasil swab juga menunjukan positif.

Stigma negatif dapat menambah psikis warga lain yang otomatis berdampak sosial lain, belum lagi menurut informasi masih menumpuknya hasil swab negatif dapat menambah yang belum terima hasil.

“Pe lama ini hasil, so 1 minggu kita da priksa, galau juga ba tunggu so suka sekali berkumpul dengan anak dan suami. Mudah-mudahan cepat hasil swabnya,” sebut peserta yang ikut kegiatan Rapid Test, reaktif dan ikuti Swab Test.

Putra E E Mangindaan itupun yakin pemerintah selalu bergerak cepat dan evaluasi semua yang ada.

 

Jakas/*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini