KAKI Konsultasi Ke Bawaslu Keputusan KPU Manado

0
95
KAKI Konsultasi Ke Bawaslu Keputusan KPU Manado
NAMPAK: Pasangan KaKi berbincang dengan Bawaslu Manado.(sulutimes)

SULUTIMES, Manado – Usai ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado terkait dukungan pemenuhan jumlah dukungan dan sebaran dukungan bakal calon perseorangan Walikota Manado dr Frangky Kambey dan Wakil Walikota dr Daud Kirojan yang dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Pasangan yang mengusung jargon KaKi (Kambey-Kirojan) diketahui menemui Pimpinan Bawaslu Manado, Rabu (29/7/2020) di Kantor Bawaslu Manado. Kehadiran KaKi diterima Ketua Bawaslu Manado Marwan Kawinda dan Pimpinan lainnya Heard Runtuwene.

Saat dihubungi sulutimes.com kebenaran kunjungan pasangan KaKi ke Bawaslu Manado, Kawinda tak menampik.

“Iya, kami baru saja kedatangan mereka (KaKi,red). Tujuannya berkonsultasi terkait hasil keputusan KPU Manado yaitu TMS pasangan tersebut,” ungkapnya.

“Kami mengarahkan untuk mempelajari lagi PKPU diantaranya nomor 1 tahun 2020 dan PKPU nomor 5 tahun 2020,” tambahnya.

Ditanya apakah masih ada peluang untuk mengajukan sengketa, Kawinda mengatakan hal tersebut tergantung dari pasangan calon tersebut.

“Kami mengacu pada Perbawaslu terkait dengan pilkada didasari UU nomor 10 tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota,” terangnya.

Sementara itu, gerangan kunjungan pasangan KaKi ke Bawaslu Manado hingga berita ini diturunkan belum dapat dikonfirmasi, walau telepon terhubung namun tak kunjung dijawab.

Diketahui, hasil keputusan KPU Manado terhadap pasangan KaKi gugur karena TMP dikarenakan dari jumlah dukungan yang diserahkan sebanyak 46.558, yang lengkap 32.050 dukungan. Sedangkan jumlah dokumen yang tidak lengkap 14.608.

“Untuk itu berdasarkan hasil pengecekan dukungan bakal pasangan calon perseorangan dinyatakan tidak memenuhi syarat perbaikan dan sebaran sehingga dokumen dukungan ditolak,” ujar Ketua KPU Manado Jusuf Wowor saat membacakan keputusan pada rapat pleno hasil pengecekan pemenuhan jumlah dukungan dan sebaran dukungan dalam pemilhan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Manado tahun 2020 masa perbaikan bersama Komisinoner KPU Manado Sahrul¬† Setiawan, Sunday Rompas, Abdul Gafur Zubair yang dihadiri langsung bakal calon perseorangan KaKi dengan turut diawasi Ketua Bawaslu Manado Marwan Kawinda dan Heard Runtuwene, Rabu (29/7/2020) pukul 01.55 pagi tadi.

 

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here