Sanksi Sosial Menanti Warga Tak Patuhi Protokol Kesehatan

0
9

SULUTIMES, Manado – Menindaklanjuti Inpres Nomor 6 Tahun 2020, Pemerintah Kota Manado mengeluarkan Pereaturan Wali Kota Nomor 24 Tahun 2020 yang mengatur tentang Peningkatan Disiplin dan Penegakan Hukum Protokol Kesehatan dalam Pencegahan dan Pengendalian Covid-19.

Penegakan disiplin mematuhi protokol kesehatan terus digalakkan oleh Wali Kota Manado G. S. Vicky Lumentut. Didampingi Juru Bicara Covid-19 drg. Sanil Marentek, GSVL selaku ketua Gugus Tugas Covid-19 secara marathon turun diseluruh kelurahan untuk mengedukasi sekaligus mensosialisasikan terkait penerapan Perwal Nomor 24 Tahun 2020.

“Saya mengajak seluruh warga kota Manado bekerjasama memutus mata rantai penyebaran Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan. Ada sanksi menanti masyarakat yang tak mematuhi prokol kesehatan,” kata GSVL saat melakukan kunjungan kerja di Kelurahan Tumumpa 1 Kecamatan Tumunting, Rabu (16/9/2020).

Wali Kota Manado melanjutkan, bagi masyarakat yang melanggar Perwal Nomor 24 Tahun 2020 Pasal 2 angka (1) huruf a, dikenakan sanksi sosial. Warga tersebut akan diapakaikan rompi bertuliskan ‘ORANG KAPALA BATU TAK PAKAI MASKER’, dan ada sanksi lain dari tim gabungan SatPol-PP, TNI dan Polri.

“Saat ini SatPol-PP bersama TNI dan Polri secara rutin melakukan sweeping terhadap warga yang nekat melanggar protokol kesehatan, mulai dari memakai masker, menjaga jarak satu sama lain, hingga mencuci tangan dengan sabun,” jelas Wali Kota Manado.

“Marilah seluruh elemen masyarakat Kota Manado kita bekerjasama memutuskan mata rantai penyebaran Covid-19. Dengan penuh kesadaran kita laksanakan protokol kesehatan,” ajak GSVL. (Jo)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here