Pilhut Kanonang Tiga, Melihat Peluang Head to Head Frengki Sondakh dan Vivi Lumintang

0
226
Calon Hukum Tua Desa Kanonang Tiga, Frengki Sondakh dan Vivi Lumintang. (Foto:Istimewa)

SULUTIMES, Minahasa – Seru. Inilah yang terjadi dalam tahapan pemilihan hukum tua (Pilhut) Desa Kanonang Tiga, Kecamatan Kawangkoan. Pasalnya, setelah ditetapkan pada 17 April 2022, hanya ada dua orang calon yaitu Frengki Sondakh dan Vivi Lumintang.

Jauh sebelum ditetapkan, keseruan sudah mewarnai proses pencalonan keduanya, sehingga banyak kalangan menyebut Pilhut Kanonang Tiga paling panas.

Dengan begitu, Pilhut Kanonang Tiga diwarnai head to head antara Frengki Sondakh yang mendapat nomor satu dan Vivi Lumintang dengan nomor urut dua.

“Kita bersyukur, tahapan Pilhut Desa Kanonang Tiga sudah dimulai. Tentu ada harapan bersama agar proses pemilihan kepada dua tokoh masyarakat ini dapat berjalan baik, semua untuk kemajuan desa,” ungkap Man Pioh, tokoh masyarakat Kanonang Tiga.

Frengki Sondakh adalah tokoh muda Desa Kanonang Tiga ini sudah digadang-gadang untuk menjadi calon Hukum Tua oleh sebagian masyarakat, bahkan hal tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2020.

Bebarapa tokoh masyarakat Kanonang Tiga, baik tua dan muda menginisiasi pencalonan Kiki sapaan akrab calon Hukum Tua nomor 1 ini. Ada yang dengan sukarela menjadi tim sukses, menggalang kekuatan dukungan suara tanpa dibayar.

Berdasarkan penelusuran media ini, Kiki sendiri tidak mendapatkan dukungan dari Partai Politik (Parpol) tertantu yang ada di Desa Kanonang Tiga. Meski demikian, sejumlah tokoh politik Desa tersebut seperti Golkar, dan Nasdem tampak hadir dalam setiap hajatan yang digelar calon tersebut.

Sejumlah tokoh masyarakat baik tua dan muda rela merogoh kocek sendiri, membantu operasional pencalonan istri dari Ria Rawis ini.

Sementara itu, Vivi Lumintang dikabarkan mendapatkan restu dan dukungan dari sejumlah tokoh politik PDI Perjungan Minahasa. Selain itu, Febri Tumbelaka yang adalah suami dari calon Hukum Tua nomor urut dua ini adalah kader dari partai berlambang moncong putih.

Febri Tumbelaka sendiri merupakan calon anggota DPRD Kabupaten Minahasa pada Pemilu 2019 dari PDI Perjuangan Dapil III dengan raihan suara 3.671.

Meski tidak duduk sebagai anggota legislatif Minahasa, perolehan suara Febri menjadi modal bagi pencalonan istrinya sebagai Hukum Tua Desa Kanonang Tiga.

Beberapa momentum hasil penelusuran media ini, Vivi Lumintang bersama suami kerap hadir dalam setiap hajatan dan berfoto bersama sejumlah tokoh politik partai berlambang moncong putih.

Pernah menjabat sebelumnya sebagai Hukum Tua Kanonang Tiga, juga menjadi modal Vivi Lumintang melanjutkan kepemimpinannya di Desa tersebut.

Siapa yang bakal mendapat dukungan terbanyak dari sekitar 648 jumlah pemilih Desa Kanonang Tiga?, kita lihat saja hasil pemilihannya.

Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here