Dilandasi Spirit Kasih dan Mapalus, P/KB GMIM Kineret Urongo Gelar Program ‘Ba Kobong’

0
111

SULUTIMES, Minahasa – Mengoptimalkan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) sebagai implementasi iman dalam menjawab anugerah Tuhan, Komisi Pria Kaum Bapa GMIM Kineret Urongo Wilayah Tondano 3 menggelar kegiatan Program P/KB ‘Ba Kobong’.

Ketua Komisi P/KB GMIM Kineret Urongo Pnt Fendy Ratulangi, SH., MH., menjelaskan, program kerja P/KB ‘Ba Kobong’ adalah bentuk tanggung jawab iman untuk memberdayakan segenap potensi yang dianugerahkan Tuhan. Mengelola lahan ‘tidur’ milik jemaat selain untuk kepentingan gereja, juga menbangun kebersamaan, persatuan dan kesatuan yang dilandasi spirit kasih serta mapalus.

Disisi lain, program ini adalah bentuk kepedulian yang tinggi dari P/KB GMIM Kineret Urongo untuk mengelola lahan jemaat sehingga bisa meningkatkan pendapatan gereja dan masyarakat. Pemberdayaan potensi jemaat dalam hal ini P/KB, juga untuk menunjang program pemerintah dibidang pertanian.

“Mengelola lahan tidur bertujuan untuk pemberdayaan potensi sumber daya alam serta peningkatan ekonomi jemaat. Sebagai imam ditengah keluarga, kaum bapa memiliki tanggung jawab ekstra dalam konteks memenuhi kebutuhan jemaat dan juga keluarga,” jelas Ratulangi, Selasa (21/6/2022).

Ketua Kaum Bapa yang didampingi komisi P/KB Jemaat GMIM Kineret menjelaskan, program ‘P/KB Ba Kobong’ dimulai pada awal periode pelayanan yang akan menjadi agenda rutin. Mapalus yang dilandasi kasih menjadi spirit pelayanan P/KB Kineret dalam menjalankan program Ba Kobong. Adapun jenis tanaman yang ditanam saat ini adalah Labu atau Samiki.

“Saat ini kami sudah memasuki panen tahap pertama dan dalam 2 minggu ke depan akan melakukan panen tahap ke kedua dan ketiga. Kami berharap, kegiatan ini mampu mengispirasi seluruh Pria Kaum Bapa di Gereja Masehi Injili di Minahasa dalam respons anugerah dan berkat Tuhan bagi kita semua. Ada banyak hal yang bisa dikelola dalam konteks pemberdayaan sda dan sdm untuk peningkatan ekonomi jemat dan masyarakat, ini semua tergantung motivasi dalam merespon setiap berkat dan anugerah Tuhan,” kata Ratulangi.

“Kedepan kami juga berharap bisa terbangun sinergitas dengan semua stakeholder, sehingga program P/KB GMIM kineret Urongo mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar dan pemerintah,” harap Ratulangi.

(JO)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini