Malonda dan Pangellu Apresiasi Panwas Kelurahan/Desa

0
30
Bimtek Bawaslu Minut.(ist)

SULUTIMES, Minut – Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara (Minut), melaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Bagi Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Pada Pemilihan Kepala Daerah Tahun 2020, di Hotel Sutan Raja Minut, Jumat (28/8/2020).

Kordiv Hukum Humas Data dan Informasi Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu SH MH dalam kesempatan itu mengatakan, PKD adalah merupakan ujung tombak dari Bawaslu yang menjadi garda terdepan dalam menghadapi Pilkada.

“Pekerjaan Panwas adalah pekerjaan yang paling mulia karena tugas kita adalah memastikan setiap tahapan Pilkada berjalan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku.

Jika ada yang mengatakan bahwa PKD tidak profesional dalam bekerja maka mereka secara langsung sudah mengganggu secara kelembagaan. Jajaran kami khususnya yang ada di garda terdepan dalam mengawasi Pilkada harus mengutamakan pola preventif dalam melakukan pencegahan,” katanya.

Pangellu mengapresiasikan kinerja PKD dalam melakukan pengawasan. “Jika data kita akurat dan Panwaslu Kelurahan/Desa bekerja maksimal maka kita akan akan menggunakan data kita sendiri apabilah jajaran kita sulit untuk mengakses data A-KWK,” tegas Pangellu.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Sulut Dr Herwyn Malonda, mengapresiasi PKD se-Kabupaten Minut yang hadir dalam kegiatan tersebut, masih mau menjadi bagian dari keluarga Besar Bawaslu Kabupaten Minut, yang nantinya akan mengawasi Pemilihan Kepala Daerah Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati yang akan berlangsung pada Tanggal 9 Desember 2020.

“Tugas Bawaslu di Kabupaten/Kota adalah secara bersama-sama dengan jajarannya yang berada di tingkat Kelurahan/Desa adalah untuk mengawasi setiap proses tahapan Pilkada di Tahun 2020 dengan baik tentunya tentunya semuanya mengacu dari Undang-undang yang berlaku.
Kita berharap agar Pilkada 2020 ini boleh berjalan dengan baik, sambil kita juga sebagai Bawaslu harus mengantisipasi dan siap sedia bilamana terjadi dugaan pelanggaran dalam proses pengawasan,” tutup Malonda.

Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here