Bimtek Pengelolaan Anggaran, Begini Pesan Ketua Bawaslu Minut

0
16
Bimtek yang digelar Bawaslu Minut.(ist)

SULUTIMES, Minut – Ketua Bawaslu Minahasa Utara (Minut) Simon Herman Awuy SH berharap agar ada sinergitas diantara Kepala Sekretariat Kecamatan (Kasek) dan Pemegang Uang Muka Kecamatan (PUMK), serta memiliki hubungan yang baik dengan Ketua dan Anggota Panwaslu Kecamatan.

Hal tersebut diutarakan Awuy dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pengelolaan Anggaran dan Manajemen Resiko, yang dihadiri Kasek dan PUMK se-Kabupaten Minut, di Hotel Sutan Raja Minut 16 – 17 Oktober 2029.

“Agar aktivitas di kelembagaan kita bisa berjalan dengan baik tanpa ada halangan, sukses Pilkada adalah bagian dari suksesnya pengelolaan keuangan,” tutur Awuy.

Selain itu juga Komisioner Rocky Marciano Ambar, Kordiv Hukum Penindakan Pelanggaran Dan Penyelesaian Sengketa HP3S berharap, agar Kasek dan PUMK di tingkatan kecamatan bisa membantu serta memfasilitasi kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh Ketua dan Anggota Panwaslu, dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada. Ia juga menambahkan, penanganan pelanggaran berpotensi terjadi di tingkat kecamatan bahkan sampai ke tingkat kelurahan/desa.

“Oleh karena itu apabila ada hal-hal yang berkaitan dengan dugaan pelanggaran yang ditemukan di tingkat kecamatan ataupun di tingkat kelurahan/desa agar bisa secepat mungkin untuk dapat dilaporkan ke Bawaslu,” tutup Ambar.

Kesempatan yang sama, Rahman Ismail Kordiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga berharap, Kasek dan PUMK bisa mensuport penuh setiap pengawasan yang dilakukan oleh Panwaslu kecamatan pada tahapan lanjutan Pilkada 2020 dimasa pandemi Covid-19.

“Mohon protap Covid-19 diterapkan sampai ke tingkat Panwaslu Kecamatan bahkan sampai ke tingkat Panwas Kelurahan/Desa karena tugas kita saat ini bukan hanya mengawasi tahapan Pilkada, tetapi juga mengawasi dan memastikan setiap tahapan Pilkada sudah berjalan sesuai dengan Protokol Covid – 19,” tutup Ismail.

Koordinator Sekretariat (Korsek) Bawaslu Minut Michael S A Polii ST saat diwawancarai oleh awak media mengatakan, Bimtek ini adalah sebagai wujud dari peningkatan kapasitas Kasek dan PUMK dalam pengelolaan anggaran. “Serta mampuh untuk mengatasi setiap resiko yang ditimbulkan oleh kebijakan-kebijakan, karena kita ketahui bersama bahwa setiap kebijakan yang kita ambil ada risikonya. Apalagi kebijakan yang kita ambil berkaitan dengan pengelolaan anggaran tentunya kita harus lebih berhati-hati, agar kita bisa terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan diri kita sendiri maupun orang lain,” tutup Polii.

Selain itu juga, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembaginan (BPKP) Perwakilan Provinsi Sulut yang ditugaskan dalam kegiatan ini menyebutkan, tujuan organisasi tercapai adalah berdasarkan pada laporan keuangan yang andal, efisien dan ekonomis, serta ketaatan dalam peraturan.

Lingkungan pengendalian di Bawaslu Kabupaten Minut adalah Sekretariat Bawaslu, selain itu juga Bendahara Pengeluaran Pembantu (BPP) harus mampuh menjalankan tugas-tugasnya secara baik dan benar.

Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here