JG-KWL Tegaskan Perekrutan Pejabat Mengacu Kelayakan Hasil Uji Kompetensi

0
649
JG-KWL Tegaskan Perekrutan Pejabat Mengacu Kelayakan Hasil Uji Kompetensi
Joune Ganda dan Kevin W Lotulung, Bupati dan Wabup Minut Terpilih./istimewa

SULUTIMES, Minut – Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) yang selama ini kurang beruntung karena beberapa faktor, seperti tak punya uang untuk melobi jabatan padahal mampu dan memang berlatar belakang ulung di bidang tersebut, tahun 2021 ini bakal bernafas lega.

Peluang meraih jabatan dan karier sesuai impian dan cita-cita para pejabat eselon baik dari eselon II, III dan IV akan dibuka lebar pada era kepemimpinan Bupati terpilih Kabupaten Minahasa Utara Joune J E Ganda SE dan Wakil Bupati Kevin William Lotulung SH MH.

Jika pemerintahan Kabupaten Minahasa Utara sempat dikenal dengan istilah ‘siapa dekat api panas’, maka untuk kepemimpinan Joune Ganda dan Kevin Wiliam Lotulung (JG-KWL), budaya tersebut akan dimusnahkan secara pasti.

“Sistem yang akan diterapkan JG-KWL itu saya sebut gilang-gemilang, dan saya yakin 100%, JG-KWL adalah pasangan bupati/wabup paling berhasil menahkodai bahtera Minut kedepan nanti,” ucap politisi senior Ir Lucky B Kiolol.

Bupati Minut terpilih Joune J E Ganda sendiri membenarkan akan diberlakukannya sistem perekrutan pejabat eselon IV, III dan II melalui uji kompetensi.

“Dengan sistem uji kompetensi tersebut nantinya siapa yang mampu lolos maka dialah yang berhak dapat jabatan setimpal dengan pendidikan dan spesifikasinya,” ujar JG, Senin (22/02/2021) via nomor WhatsApp.

Kata Joune, dia yakin di Kabupaten Minahasa Utara ini banyak ASN yang cerdas dan memiliki kemampuan diatas rata-rata. Namun dari informasi yang ada, kemungkinan besar mereka tidak pernah diberi kesempatan atau peluang untuk mewujudkan impian sebagai seorang pemimpin.

“Itulah salah satu alasan kami memberi kesempatan bagi mereka untuk ikut uji kompeten. Selain kita menghapus budaya lama, kita juga menciptakan kabinet atau tim kerja yang profesional yang mampu mengabdi pada daerah, nusa dan bangsa, sambil melayani masyarakat Sebagai Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang lolos murni di uji kompetensi,” tegas Ganda.

Terkait isu rolling besar-besaran yang akan dilakukannya dimasa kepemimpinan JG-KWL, Joune tak menampik itu, sebab rolling adalah hak preogatif bupati. Namun itu nanti usai mereka dilantik, setelah melalui tahapan-tahapan yang sudah kami siapkan.

“Jadi bukan dan tanpa sebab kami melakukan pencopotan. Pokoknya, bagi seluruh ASN Pemkab Minut, bekerja saja secara maksimal, tak usah terpengaruh dengan segala macam isu yang merebak. Bila ada sesuatu yang penting, pasti kami informasikan secara resmi lewat media atau surat,” tukas Joune mengingatkan.

Lebih jauh dikatakan JG, yang pasti rolling jabatan itu harus demi menyegarkan kinerja ASN, tapi pihaknya punya cara sendiri yang lebih manusiawi, lebih beralasan, lebih elegan tanpa tebang pilih, tanpa jalur koneksi, supaya tidak mengecewakan para PNS yang ada.

“Siapa yang mampu, siapa yang berkualitas, siapa yang bisa seiring dengan program kerja kami, akan kami beri kesempatan untuk membuktikan. Dan bila ada yang coba-coba masuk melalui jalur yang tidak resmi (koneksi), jika ketahuan, kesempatannya untuk berkarier akan hilang,” pungkas Joune J E Ganda SE.

Nando

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here