Ganda Canangkan Desa Kawangkoan Sebagai Desa Cantik

0
16
Ganda Canangkan Desa Kawangkoan Sebagai Desa Cantik
Bupati Minut Joune Ganda Canangkan Desa Kawangkoan Sebagai Desa Cantik./sulutimes

SULUTIMES, Minut – Inovasi menjadi jawaban di era modern saat ini. Salah satunya telah dilakukan oleh Desa Kawangkoan, Kecamatan Kalawat desa yang dinakhodai Pjt Eske Dendeng sebagai hukum tua ini terpilih menjadi Desa Cinta Statistik alias Desa Cantik.

Pengukuhan dan peninjauan Desa Cantik dilakukan oleh Bupati Joune Ganda SE. Desa ini terpilih menjadi Desa Cinta Statistik karena telah membuat sistem administrasi desa yang mudah.

Masyarakat bisa dengan mudah mengurus keperluan administrasi di desa. Mereka tinggal memanfaatkan gawai masing-masing. Setelah semua data diinput, masyarakat tinggal datang ke desa. Perangkat desa tidak lagi melakukan input data. Mereka hanya masuk aplikasi, lantas mencetak surat keperluan tersebut.

Bupati Joune Ganda mengapresiasi inovasi tersebut, hanya desa Kawangkoan yang mendapat predikat desa cantik.

“Desa Kawangkoan diusulkan dan dipilih sebagai Desa Cantik karena memang dilihat dari berbagai inovasi yang sudah dibuat dan dilaksanakan selama ini,” jelasnya.

Pihaknya berharap, inovasi itu bisa direplikasi ke desa-desa lain. Sebab, desa merupakan komponen penting dalam pemerintahan, sebab desa sebagai ujung tombak kabupaten.

“Desa adalah ujung tombak dari pemerintah dan pembangunan. Selamat kepada desa Kawangkoan yang telah mengharumkan nama Minahasa Utara” tandas Bupati JG.

Sementara itu, Kepala Desa Eske Dendeng menyampaikan, dengan dilaksanakannya program ini di desanya, bisa membuat data desanya menjadi lebih lengkap dan sesuai dengan ketentuan statistik. Karena itu, dalam menentukan langkah pembangunan, jelas landasannya. Selain itu, adanya program ini diharapkan mampu memenuhi data yang dibutuhkan oleh pihak tertentu.

“Data apa pun nanti yang diminta oleh dinas, kami sudah ready, begitu,” pungkasnya.

Turut hadir dalam pencanangan tersebut Wakil Bupati Minut Kevin W Lotulong SH MH, Kepala BPS Provinsi Sulut Asym Saputra, SST MDev, Kepala BPS Minut Ir Royke Rawung MM, seluruh Camat di Kabupaten Minut, Hukumtua se-Kecamatan Kalawat dan Seluruh perangkat desa.

Nando/Saiful

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here