Mayuntu Warning Praktek Pungli di Sekolah PAUD, SD dan SMP

0
13
Mayuntu Warning Praktek Pungli di Sekolah Paud SD dan SMP
Kepala Inspektorat Minut Umbase Mayuntu./sulutimes

SULUTIMES, Minut – Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) meminta masyarakat maupun orang tua murid untuk segera melaporkan jika mendapati praktik pungutan liar (pungli) di masa penerimaan murid baru tahun ajaran baru.

Hal ini diutarakan Bupati Minahasa Utara Joune Ganda SE melalui Kepala Inspektorat Minahasa Utara Umbase Mayuntu saat di temui di ruang kerjanya, Kamis (6/5/2021).

“Jika memang ada temuan dan punya cukup bukti mohon segera melapor agar nanti bisa segera kita tindak lanjuti,” kata Mayuntu.

Dia mengatakan, para orang tua murid yang mendapati praktik pungli mesti benar-benar memastikan bahwa uang pungutan yang diminta oleh pihak sekolah maupun oknum memang tidak berdasarkan perjanjian antar kedua belah pihak.

“Kadang masyarakat masih salah arti terkait pungli ini. Makanya kami tekankan kalau di luar ketentuan yang sudah ada masih juga terdapat pungutan bisa langsung lapor,” ucapnya.

Mayuntu menyebut, orang tua murid di seluruh jenjang pendidikan di Minut bisa melaporkan praktik pungli ke Inspektorat Minut.

“Apapun pengaduannya baik Paud, SD, SMP kami terima dan bakal kita lanjutkan ke instansi terkait jika memang dibutuhkan agar bisa langsung diterjunkan petugas yang mengawal,” katanya.

Pihaknya juga bakal merahasiakan identitas pelapor untuk menjaga keamanan dan kenyamanan. Selain itu, untuk memastikan bahwa laporan yang diadukan telah ditindaklanjuti, pelapor juga mesti memberikan identitas yang lengkap.

Nando/Sayful

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here