Bupati James Sumendap di Pucuk Raih Magister Ilmu Hukum

0
8
Bupati JS di Pucuk Raih Magister Ilmu Hukum
Bupati JS di Pucuk Raih Magister Ilmu Hukum./istimewa

SULUTIMES, Mitra – Mengambil judul ujian tesis “Diskresi Bupati dalam Pengangkatan Penjabat Hukum Tua di Kabupaten Minahasa Tenggara dalam Perspektif Negara Hukum Kesejahteraan”.

Selangkah lagi, James Sumendap SH keseharian sebagai Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) bakal menambah deretan gelar sarjananya menjadi MH.

Ya, sesuai dengan keterangan, Bupati Mitra dua periode ini telah sukses menyelesaikan ujian tesis di Pasca Sarjana Universitas 17 Agustus 1945 (UTA’45 Jakarta), Program Studi Magister Ilmu Hukum dengan hasil sangat memuaskan, Sabtu (28/8/2021).

Menurut Bupati JS, judul tesis ini berangkat dari kapasitasnya sebagai Bupati atau Kepala Daerah Kabupaten Mitra dalam menjalankan tugas sesuai asas Desentralisasi dan Otonomi Daerah.

Lebih lanjut JS menerangkan, diskresi tentang pemilihan Hukum Tua atau Kepala Desa di Kabupaten Mitra ditujukan semata-mata untuk memperbesar manfaat (doelmatigheid), dari pada sekedar memenuhi kepastian hukum (rechmatigheid) yang tidak menjamin pemenuhan Negara Hukum Kesejahteraan.

Konsep Negara Hukum Kesejahteraan adalah menempatkan pemerintah khususnya Bupati, untuk memastikan terselenggaranya kepentingan umum bagi masyarakat desa di Kabupaten Mitra.

“Judul dalam Tesis ini merupakan situasi nyata di Minahasa Tenggara, dimana kepemimpinan seorang Bupati bukan hanya mengelola, menjaga dan meningkatkan kinerja birokrasi Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) saja, melainkan hingga level pemerintahan desa yang dipimpin oleh seorang Hukum Tua atau Kepala Desa,” ungkap Sumendap.

Bupati James juga menyampaikan, bahwa kepentingan masyarakat Mitra di atas segalanya.

“Memastikan agar pelayanan publik tetap produktif, maka kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan daerah harus terus berjalan, sehingga tidak boleh terjadi kekosongan jabatan Hukum Tua atau Kepala Desa yang diberhentikan karena berakhirnya masa jabatannya,” Ungkapnya.

Diketahui, Bupati James Sumendap memulai proses perkuliahan sejak tahun 2019.

Dalam ujian tesis yang diselenggarakan secara virtual, Bupati James Sumendap didampingi dosen pembimbing dan beberapa dosen penguji, diantaranya:

Dosen Penguji :
• Ketua Penguji : Dr Rio Christiawan SH MHum MKn (Kaprodi Pascasarjana FH UTA’45 Jakarta)
• Anggota Penguji : Dr Januar Agung Saputera SH MM MH (Dosen dan Kepala Biro Hukum PT Bank BCA Tbk)
Dosen Pembimbing :
• Dr Tuti Widyaningrum SH MH (Sekretaris Program Pascasarjana FH UTA’45 Jakarta).

red/jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here