Pagelaran adat Tulude di Jayapura.(ist)

SULUTIMES, Sangihe – Masyarakat Nusa Utara yang tergabung dalam organisasi Mehengke Nusa Papua, melaksanakan upacara adat Tulude di Auditorium Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Sabtu (16/2/2019).

 

Upacara pelaksanaan adat Tulude didahului dengan Megause Sake, sekaligus pemakaian Paporong oleh pelaku adat kepada Bupati Kepulauan Sangihe Jabes E Gaghana SE ME dan Walikota Jayapura DR Benhur Tomi Mano.
Selanjutnya dilakukan Memindura (penghormatan) serta pemotongan kue Tamo, dilanjutkan dengan Menahulending yang dipimpin oleh Ketua Umum Sinode GMIST Pdt Patras Madonsa STeol.

 

Walikota Jayapura dalam sambutannya mengatakan, dengan kehadiran masyarakat Sanghihe Nusa Utara di Tanah Papua sungguh dirasakan sangat membantu pemerintah Papua, karena mereka bekerja disini, telah tinggal disini, tentunya tanah Papua juga merupakan bagian tanah mereka.
“Disisi lain dirinya sangat bersyukur atas kehadiran warga Nusa Utara ditanah Papua yang telah membantu pemerintahan kami, karena orang dari Nusa Utara pekerja keras, tentunya dengan hasil kerja keras mereka merasakan hasilnya, biarlah semua masyarakat Nusa Utara yang ada di tanah Papua menjadikan surga yang jatuh ke bumi ini sebutan untuk tanah Papua dapat dimanfaatkan dengan baik pula, sambil mengajak Bupati dan rombongan dari Kabupaten Sangihe mengunjungi daerah perbatasan antara Papua New Guine dan Papua,” tutup Tomi Mano.

 

Sementara Bupati Kepulauan Sangihe mengapresiasi atas terselenggaranya acara adat Tulude ini dan menyampaikan terima kasih kepada pengurus dan anggota kerukunan masyarakat Nusa Utara Mehengke Nusa yang tetap konsisten melestarikan adat budaya leluhur walaupun telah membangun kehidupan di tanah Papua. Ini juga tidak lepas dari perhatian dan dukungan Pemerintah Papua baik Propinsi, Kota dan Kabupaten Jayapura. “Kehadiran Walikota Jayapura disaat ini adalah wujud betapa pemerintah setempat sangat peduli dan menghargai budaya kita bahkan memberi ruang dan jaminan bagi warga Sangihe, Talaud dan Sitaro dalam membangun kehidupan nyaman dan aman di tanah Papua.

 

Untuk itu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe menyampaikan terima kasih atas perhatian yang luar biasa dari Pemerintah di tanah Papua bagi masyarakat Nusa Utara,” paparnya.
Bupati mengingatkan kepada seluruh komunitas masyarakat Mehengke Nusa untuk mendukung pemerintah di tanah Papua dlm berbagai program termasuk mensukseskan agenda nasional Pemilu Tahun 2019. Acara Tulude diakhiri dengan Masamper dan Empat Wayer bersama.

 

Acara Tulude ini juga diikuti Ketua LNA Kota Jayapura George, Ketua DPD Mehengke Nusa Provinsi Papua Dr Jhon Manangsang bersama Ibu, Wakil Sekretaris gereja Papua.
Turut mendampingi Bupati Gaghana, Ketua TP – PKK kabupaten Kepulauan Sangihe Dra Ririswati Gaghana Katamsi, Ketua DPRD Sangihe Benhur Takasihaeng,m SE bersama Ibu Dra Tineke Takasihaeng Lalelah, Asisten III Sekda Sangihe Dra Olga Makasidamo, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Sangihe Jefrry Tilaar SE ME, bersama anggota DPRD Emita Petahiang, Kakan Satpol – PP Drs Jhony Parera, Kabag TUP Wandu Labesy SSos, Kabag Humas dan Protokol Franky Nantingkaseh, SPi, Ketua Umum Sinode GMIST Pdt Patras Madonsa S Teol, Dewan Adat Sangihe Lukman Makapuas,m SPd, Martinus Makitulung SPd.

Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here