ASN dan THL Sitaro Jalani Rapid Test

0
40
ASN dan THL Sitaro Jalani Rapid Test
ASN dan THL Pemkab Sitaro saat di Rapid Test di Halaman Sekretariat Daerah Kantor Bupati Sitaro, Selasa (4/8/2020).(sulutimes)

SULUTIMES, Sitaro – Meningkatnya Pasien positif Covid-19 menjadi 28 orang membuat Satuan Tugas Covid-19 Sitaro terus melakukan upaya pencegahan.

Untuk itu, upaya dilakukan Rapid Test massal kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) di lingkup Pemerintah Daerah menjadi salah satu solusi, pihak Pemkab tidak ingin lengah meski sudah dinyatakan sembuh.

Hal ini dikarenakan 26 dari 28 warga yang terkonfirmasi positif dan sembuh terjangkit di Kabupaten kepulauan Sitaro menunjukan adanya transmisi lokal.

“Setelah semua yang dilakukan kita tidak akan berkompromi dan terus akan memerangi Covid-19 di Sitaro, termasuk akan melakukan rapid test masal bagi seluruh ASN, THL dan Masyarakat,” tegas Bupati Sitaro Evangelian Sasingen SE, usai memimpin rapat Satgas Covid-19 pekan lalu.

Untuk hari pertama Rapid Test massal ini dibagi dua titik yakni di halaman parkir Sekretariat Daerah Kantor Bupati juga di Kantor Sekretariat Dewan di Kantor DPRD Sitaro.

“Untuk Rapid Test massal ini sudah seesuai dengan hasil rapat bersama Pimpinan Daerah yaitu Bupati dan Wakil Bupati sehingga seluruh ASN dan THL Wajib untuk diperiksa,” ucap Herry Lano SE MM, Tim Satgas Covid-19 Sitaro.

Lanjut Lano, untuk rapid test massal ini akan dilakukan selama beberapa hari kedepan sesuai jadwal dari Satuan Kerja Perangkat Daerah masing masing.

“Jika reaktif maka langsung di isolasi, dan apabila menunjukan gejala maka langsung di Swab,” tuturnya sembari menerangkan nantinya tidak hanya ASN dan THL, rapid test massal ini juga berlaku kepada masyarakat di Sitaro khususnya yang berada di pasar tradisional.

“Tidak hanya ASN dan THL, masyarakat juga akan di Rapid Test untuk mencegah penyebaran Covid-19,” pungkas Lano.

Diketahui, untuk memerangi penyebaran Covid-19 di Sitaro, Satuan Tugas sudah melakukan berbagai upaya dengan menyediakan ruang isolasi bagi pasien positif, perketat pintu masuk pelabuhan, menyediakan rumah tunggu bagi orang baru datang di Kabupaten dan Kampung-kampung, juga memfasilitasi rumah tunggu bagi warga yang reaktif, penutupan pasar tradisional untuk penyemprotan disinfektan, serta terbaru pekan ini rapid test massal bagi warga.

 

Sisco/Jakas

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here