Rumah Panggung Woloan dan Sayur Rurukan Go International

0
36
kegiatan Pelatihan Terpadu Kewirausahaan Pemula Kota Tomohon.

Sulutimes-TOMOHON. 11/11/2016 Pemerintah Kota Tomohon terus berupaya meningkatkan kewirausahaan dalam masyarakat seperti melalui Dinas Koperasi dan UMKM yang mengadakan kegiatan Pelatihan Terpadu Kewirausahaan Pemula yang nantinya dilaksanakan selam dua hari 11-12 November 2016 bertempat di Puncak Temboan Kelurahan Rurukan Satu (11/11).
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kota Tomohon Theodorus Paat, SIP mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan mendorong peserta untuk lebih mengenal potensi diri dalam membentuk jiwa kewirausahaan untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha ke arah perluasan kesempatan kerja, memberi pengetahuan dan ketrampilan agar mampu mengelolah usaha sendiri. Juga turut berperan dan mengurangi pengguran, dan memperluas lapangan kerja baru masyarakat.

Rumah Panggung (Foto/Ist).
Rumah Panggung (Foto/Ist).

Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak dalam sambutannya mengatakan kehadiran kita sekalian ditempat ini tentunya memiliki nilai penting sebagai warga negara yang memiliki landasan semangat untuk meningkatkan kemakmuran masyarakat termasuk pertumbuhan dan pergerakan ekonomi agar stabil dan semakin berkembang.

Perkebunan di Desa Rurukan Kota Tomohon (Foto/Ist).
Perkebunan di Desa Rurukan Kota Tomohon (Foto/Ist).

MEA (Masyarakat ekonomi ASEAN). Untuk itu peserta dapat bersaing dalam pasar bebas dengan pelaku-pelaku usaha dari negara-negara tetangga. Seperti juga saat ini pengusaha rumah panggung woloan sudah go internasional dimana penjualan sudah sampai di Madagaskar. Adapun juga Petani sayur Rurukan sudah dapat mengekspor hasilnya ke Filipina inilah salah wujud bahwa Kota Tomohon mampu bersaing di pasar bebas. “Untuk itu para peserta diharapkan mampu bersaing di daerah lokal, nasional, ataupun internasional. Demikian juga pemerintah akan mendorong dan akan membuat regulasi dan juga membantu dalam program kedepan. Pembangunan Manusia diukur melalui sektor kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. Tahun 2017 akan dibantu dengan dana hibah dan bansos untuk pengembangan kelompok usaha di Kota Tomohon”, Tutup Eman.

Pada kesempatan yang sama Walikota memberikan penghargaan kepada kelompok usaha, koperasi serta memberikan bantuan gerobak usaha di Kota Tomohon. Tampak hadir Kadis Koperasi dan UMKM Provinsi SULUT yang diwakili oleh Kepala Balai Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Ir. Victory Palar, MSi yang juga tampil sebagai narasumber bersama Pimpinan BRI cabang Tondano Putu Bagiarsawan, Camat Tomohon Timur Sherly Bororing, bersama para peserta dari unsur pengurus koperasi, pelaku UMKM, kelompok usaha perempuan, pemuda dan mahasiswa. (roro)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here