Perjumpaan Antar Umat Beragama

0
7
Seminar Perjumpaan Agama-agama.

Sulutimes-Tomohon. 16/11/2016, 16 November diperingati sebagai Hari Toleransi se-dunia. Momentum hari toleransi harus dimaknai dengan kegiatan dialog antar iman, jaringan lintas agama yang saling menguatkan.

Seminar “Perjumpaan antar umat beragama” dengan nara sumber, Prof. Dr. Olaf Schumann asal Jerman, bertempat di aula kampus bersinar UKIT YPTK di Kota Tomohon. Diikuti oleh Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Manado, Mahasiswa Fakultas Teologi UKIT YPTK GMIM, Gerakan Pemuda Anshor Kota Manado, Pemuda GMIM wilayah Manado, Budayawan, sastrawan, sejarawan Minahasa, para Teolog, perwakilan Konghucu.

Diskusi kelompok selesai seminar.
Diskusi kelompok selesai seminar.

Selesai seminar, dilanjutkan diskusi sambil makan siang, ngopi sore dan lanjut makan malam di rumah Ketua Umum Peruati (Persekutuan Perempuan Berpendidikan Teologi) Pendeta Ruth Ketsia Wangkai. Pokok diskusi terkait dengan strategi untuk aksi damai, memahami persoalan yang berkaitan dengan kehidupan umat beragama, dialog antar lintas agama yang berkelanjutan demi kemanusiaan dan perdamaian.

“Toleransi dimaknai dan dimulai dari hal terkecil dalam rumah tangga, kehidupan bertetangga, bermasyarakat dengan sikap saling menghormati, menghargai hingga bekerja sama. Dengan demikian negara akan aman dan suasana kerukunan tetap terjaga hingga dunia yang damai bukan sekedar mimpi” ungkap Sofyan Jimmy Yosadi, (Ketua Bidang Hukum MATAKIN-Majelis Tinggi Agama Konghucu Indonesia)

Besok 18/11/2016 ada kegiatan bersama yang diselenggarakan Pemuda Kristen GMIM wilayah Manado. Pesan damai, pemasangan seribu lilin dan doa bersama 6 Tokoh agama di Gereja GMIM Sentrum Manado. Rencananya akan dihadiri senator asal SULUT Benny Rhamdani sekaligus wakil ketua umum Pusat Gerakan Pemuda Anshor. “Dilanjutkan dengan pagelaran seni budaya sebagai wujud dari titik pertemuan agama-agama” tambah Yosadi yang juga pengurus FKUB SULUT. (V)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini