NgoPilwako KPU Tomohon, Golioth: Calon Perseorangan Pakai Metode Sensus Bukan Sampel

0
31
NgoPilwako KPU Kota Tomohon.(ist)

SULUTIMES, Tomohon – NgoPilwako KPU Kota Tomohon, digelar di ruang rapat Kantor KPU Kota Tomohon, Rabu (22/1/2020).

NgoPilwako adalah kegiatan yang diinisiasi oleh KPU Kota Tomohon melalui kelompok kerja (pokja) sosialisasi. Ketua Pokja Sosialisasi KPU Kota Tomohon, Komisioner Stenly Kowaas membuka dan mengajak insan pers Kota Tomohon untuk berdiskusi terbuka dan secara santai.

“Banyak hal yang dapat kita diskusikan terkait tahapan pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Kota Tomohon. Sekarang sementara dalam tahapan adalah pembentukan badan adhocc dan pemasukan dokumen bakal calon perseorangan,” buka Kowaas.

Suasana kekeluargaan dan keakraban tercipta dalam NgoPilwako. Santai tapi serius, diskusi yang banyak terkait calon perseorangan. Berbeda mekanisme verifikasi yang dulu dengan sekarang.

“Sekarang jumlah minimun dukungan dan sebaran bakal pasangan calon perseorangan tidak lagi diambil sampel tetapi KPU menggunakan metode sensus. Artinya, kalau sampel dipilih yang akan diverifikasi, kalau sensus semua dukungan itu akan didatangi,” jelas Ketua Devisi Teknis KPU Tomohon, Robby Golioth.

Pembentukan badan adhocc yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS), dan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Calon PPK yang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan jumlah pendaftar pada salah satu kecamatan yang tidak cukup saat tutup pendaftaran.

“Setiap tahapan punya peraturan KPU berdasarkan Undang-undang pemilu. Terkait pembentukan badan adhocc. Seleksi PPK, KPU Tomohon sangat terbuka dan sesuai tahapan ada tanggapan masyarakat atau uji publik. Secara teknis calon badan adhocc akan secara transparan dipublikasikan. Sambil berterimakasih atas kedatangan rekan-rekan pers, saya mewakili Ketua KPU Kota Tomohon dan teman-teman komisioner menutup pertemuan kita,” tutup Buce sapaan akrab Stenly Kowaas.

Turut hadir dalam dalam kegiatan ini para komisioner KPU Kota Tomohon Vierna Pijoh, Robby Golioth dan Stenly Kowaas, insan pers yang ada di Kota Tomohon, serta kelompok kerja sosialisasi KPU Kota Tomohon.

Red

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here