Terafiliasi Parpol, KPU Tomohon Tegas Diskualifikasi Calon PPK

0
66
Komisioner KPU Tomohon Stenly Kowaas.(foto:istimewa)

SULUTIMES, Tomohon – Jika terbukti terafiliasi dengan partai politik (parpol), sangsi tegas akan diambil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon kepada setiap calon Panitia Pemilihan (PPK) yang saat ini telah melewati fase tahapan CAT.

Penegasan ini dikatakan Ketua KPU Tomohon Harryanto Lasut melalui Komisioner Divisi Sosialisasi Stenly Kowaas yang mana akan memberikan sangsi berupa pembatalan atau akan digugurkan sebagai calon PPK apabila kedapatan berafiliasi kepada Parpol maupun politikus.

“Jika benar-benar terbukti ada calon PPK yang berafiliasi dengan parpol atau politikus, kami langsung diskuslifikasi. Aturannya sudah, ini untuk menjaga netralitas penyelenggara pemilu,” ujar Kowaas, Selasa (6/2/2020) di Kantor KPU Tomohon.

Dijelaskan lebih lanjut, ditahap ini KPU Tomohon akan turun ke masyarakat, untuk meminta tanggapan langsung mengenai para kandidat calon PPK itu.

“Nama-nama calon PPK tersebut akan diumukan ke masyarakat. Untuk itu, kami minta partisipasi masyarakat memberikan masukkan kepada kami terkait nama-nama yang kami umumkan ini,” aku Kowaas.

Pihaknya pun tak main-main dalam menjaga netralitas penyelenggaraan pemilu di Kota Tomohon.

“Nantinya jika ada tanggapan dari masyarakat bahwa salah satu calon PPK berafilasi dengan salah Parpol, maka selanjutnya KPU Tomohon akan melakukan kajian dan mengkonfirmasi langsung kepada calon PPK yang bersangkutan. Dan jika terbukti, kami langsung batalkan oknum tersebut,” tegasnya.

Red/Jakas

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here