Bawaslu Tomohon Mantapkan Jajarannya Hadapi Coklit

0
6
Rapat kerja teknis bersama pengawas kecamatan dan kelurahan.(ist)

SULUTIMES, Tomohon – Menghadapi tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih, Bawaslu Kota Tomohon mempersiapkan jajarannya untuk melakukan pengawasan tahapan tersebut, melalui Rapat Kerja Teknis bersama Pengawas Kecamatan dan Pengawasan Kelurahan di Kota Tomohon, 13 – 14 Juli 2020.

Kordiv Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga Irval Dokal dalam rapat tersebut menegaskan, agar jajarannya benar-benar memastikan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) benar-benar patuh melaksanakan prosedur pencocokan dan penelitan data pemilih.

“Beberapa hal yang harus diawasi pada saat coklit antara lain, untuk memastikan petugas PPDP mengunjungi rumah pemilih untuk melakukan pencocokan dan penelitian seluruh pemilih dalam form A.KWK, pelaksanaannya menggunakan protokol kesehatan, memastikan kesesuaian dalam data pemilih, juga melakukan strategi pengawasan dengan mengidentifikasi potensi kerawanan pada pemutakhiran data pemilih, seperti pemilih yang tidak memenuhi syarat yang masuk dalam daftar pemilih, pemilh yang telah memenuhi syarat tapi tidak masuk dalam daftar pemilih ataupun pemilih yang belum melakukan perekaman,” tegasnya.

Jajaran pengawas juga diinstruksikan untuk berkoordinasi dengan penyelenggara di wilayah masing-masing baik dengan PPK, PPS dan PPDP serta pemerintah setempat, setiap kegiatan pengawasan ditegaskan agar menguraikan aktifitas pengawasannya dalam Laporan Hasil Pengawasan (LHP), sebagai bukti administratif kerja pengawasan di lapangan.

Dia menegaskan juga, peran Bawaslu tentu sangat penting dalam melindungi hak kosntitusional warga negara sehingga pelaksanaan coklit benar-benar mengakomodasi masyarakat menggunakan hak pilihnya, dalam pelaksanaan Pilkada di Kota Tomohon. “Salah satunya juga dengan membuat Posko pengaduan pemutakhiran data pemilih di masing-masing tingkatan pengawas,” kuncinya.

HBT/Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here