Produk Hukum Disosialisasikan Bawaslu Tomohon

0
4
Bawaslu Tomohon menggelar sosialisasi produk hukum.(ist)

SULUTIMES, Tomohon – Bawaslu Tomohon menggelar Sosialisasi Produk Hukum Bawaslu pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Rog’s Cafe Tomohon, Jumat (11/9/2020).

Komisioner Bawaslu Sulut Supriyadi Pangellu SH MH dalam materinya mengatakan, pelaksanaan Pilkada di tengah pandemi Covid-19 kini menjadi pekerjaan semua unsur. “Selain  menjaga kualitas Pilkada, kami juga berharap bersama-sama dengan masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan dalam pelaksanaan Pilkada ini,” kata Kordiv Hukum Data dan Informasi Bawaslu Sulut ini.

Sementara Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan SPd MHum dalam materinya mengatakan, kepada Bapaslon dan kelompok-kelompok organisasi diharapkan tidak ada lagi bahasa yang keluar bahwa tidak tahu, tidak teredukasi untuk dasar pelaksanaan Pilkada. “Karena saat ini semuanya hadir dalam kegiatan sosialisasi ini dan berharap tahapan-tahapan yang sedang berjalan dapat diperhatikan,” katanya.

Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Tomohon Steffen Linu SS MAP mengatakan, kegiatan tersebut difokuskan mengatur prosedur dan teknis dalam hal melakukan pengawasan, penanganan pelanggaran, penyelesaian sengketa.

“Dengan kondisi saat ini dengan terjadi bencana non alam Covid-19, Bawaslu juga mengeluarkan Perbawaslu Nomor 4 Tahun 2020. Dimana Perbawaslu ini mengatur  3 kewenangan Bawaslu yang dijadikan satu produk hukum yakni Perbawaslu 4 Tahun 2020,” kata Linu.

Perbawaslu 4 Tahun 2020 kata Linu, secara teknis mengatur tentang tata cara dan prosedur bagi Bawaslu dalam melakukan pengawasan setiap tahapan yang berlangsung, penindakan pelanggaran, penyelesaian sengketa yang sesuai dengan protokol Covid-19. “Produk hukum ini dapat diunduh di JDIH Bawaslu RI,” kunci Linu.

Hadir juga sebagai pemateri  akademisi Ferol Warow, Jhonny Tarore dan diikuti peserta dari LO ketiga Bapaslon, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda beserta sejumlah organisasi pemuda.

Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here