Diduga Langgar Aturan, Bawaslu Tomohon Klarifikasi 3 Paslon

0
5

SULUTIMES, Tomohon – Bawaslu Kota Tomohon melakukan pemanggilan klarifikasi 3 Pasangan Calon (Paslon) Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19, saat pendaftaran Paslon di Kantor KPU Tomohon, 4-6 September 2020 lalu.

Sesuai urutan saat pendaftaran, Paslon yang dipanggil pertama yakni Jilly Gabriela Eman dan Virgie Baker Bororing (JGE-VB2) pada pukul 10.00 Wita, Caroll Senduk dan Wenny Lumentut (CS-WL) pada Pukul 13.00 Wita, serta Robert Pelealu dan Fransiskus Soekirno (RoSe) pada Pukul 15.00 Wita, Senin (14/9/2020).

Ketua Bawaslu Tomohon Deisy Soputan SPd MHum menjelaskan, pihaknya memanggil seluruh Paslon untuk melakukan klarifikasi tentang dugaan pelanggaran protokol kesehatan, karena dalam melaksanakan fungsi pengawasan terhadap tahapan pemilihan kepala daerah (Pilkada) di tengah pandemi Covid-19, ditemui terjadi pengumpulan serta kerumunan masa saat pendaftaran di KPU waktu lalu. “Pemeriksaan ini dilakukan berdasarkan temuan dan ditindaklajuti dengan Peraturan Bawaslu Nomor 4 Tahun 2020,” ujar Soputan.

Setelah selesai melakukan klarifilasi kepada semua Paslon, Soputan menjelaskan pihaknya akan melakukan pengkajian sehingga, jika ditemukan pelanggaran akan diberikan sanksi. “Setelah rampung dan semua telah diklarifikasi, kami pimpinan Bawaslu akan mengkaji serta di plenokan dulu. Apakah akan diberikan rekomendasi,” jelas Soputan.

Diketahui, Paslon CS-WL akan dilakukan undangan pemanggilan klarifikasi kembali pada Selasa 15 September 2020, karena yang bersangkutan berhalangan hadir.

Turut mendampingi Ketua Bawaslu dalam pemeriksaan klarifikasi, Kordiv Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa diantaranya Steffen Linu dan Kordiv Hubungan Masyarakat dan Hubungan Antar Lembaga, serta Koordinator Sekretariat (Korsek) Bawaslu Tomohon Vernon Mamuaja SSos.

Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here