Pilkada Tomohon 3 Paslon

0
8
Penetapan paslon oleh KPU Kota Tomohon.(ist)

SULUTIMES, Tomohon – Pilkada Kota Tomohon akan diikuti 3 pasangan calon (paslon) yakni Jilly Gabriela Eman dan Virgie Baker Bororing (JGE-VB2), Carol Senduk dan Wenny Lumentut (CS-WL) dan Robert Pelealu dan Fransiskus Soekirno (RoSe).

“Hasil keputusannya semua telah memenuhi syarat sebagai pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota yang akan ikut dalam pemilihan kepala daerah Kota Tomohon,” jelas Ketua KPU Kota Tomohon Drs Harryanto Y Lasut MAP, didampingi Komisioner Robby Golioth ST, Stenly Kowaas SP, Vierna Pijoh SE dan Jacobus Wowor SH, dalam konfrensi pers melalui zoom meeting, usai melaksanakan penetapan pasangan calon dalam Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon Tahun 2020, di Aula Kantir KPU Tomohon, Rabu (23/9/2020).

Lanjut Lasut, penetapan tersebut telah melalui proses yang memang cukup panjang, mulai dari tahapan pendaftaran, bahkan pula di Kota Tomohon dari 7 Kota/Kabupaten yang melaksanakan Pilkada serentak di Sulut, Kota Tomohon ada yang dari calon perseorangan.

“Dan dari pihak KPU sudah melalui proses yang cukup panjang, baik dalam pelaksaan verifikasi dukungan, perbaikan dan kemudian menetapkan bapaslon perseorangan dapat mengajukan pendaftaran sebagai calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon 2020. “KPU telah menetapkan para calon tersebut tentunya sudah melewati proses yang cukup panjang sejak hari pendaftaran hingga pada hari kedua masih ada calon yang mendaftar, sampai melalui proses pendaftaran dari pihak KPU memeriksa administrasi baik syarat calon maupun syarat pencalonan,” jelas dia.

Proses verifikasi lanjutnya tergolong rumit karena ditemukan beberapa hal sehingga dari KPU harus melaksanakan kepastian uji faktual terhadap dokumen-dokumen yang ada terhadap dokumen syarat calon dan itu sudah dilaksanakan. “Dan kemudian dari hasil verfikasi faktual administrasi yang dilaksanakan dari pihak KPU juga melaksanakan yaitu dokumen perbaikan karena dimungkinkan dilaksanakan selama 3 hari yang dimasukan Bapaslon tersebut. Untuk itu dari proses perbaikan itu, dari pihak KPU memutuskan pada hari ini Bapaslon Wali Kota dan Wakil Wali Kota ditetapkan pasangan calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota untuk ikut dalam Pilkada Kota Tomohon,” kuncinya.

Sebelumnya, dalam Pleno Penetapan Calon, dilakukan  internal dan tidak mengundang pasangan calon. KPU Tomohon hanya menyerahkan dokumen berita acara hasil penetapan kepada LO Paslon yang lolos.

“Jadi tidak ada seremonial. KPU hanya menyerahakn dokumen berita acara hasil penetapan kepala LO paslon,” kata Komisioner KPU Tomohon Divisi Sosialisasi SDM dan Partisipasi Masyarakat Stenly Kowaas sembari menjelaskan jika hal tersebut ditempuh sesuai aturan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here