KPU Tetapkan DPT Pilkada Tomohon 73.633

0
6
Rapat Pleno penetapan DPT di Kota Tomohon.(ist)

SULUTIMES, Tomohon- KPU Kota Tomohon menggelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon Tahun 2020.

Kegiatan ini berlangsung di Kantor KPU Kota Tomohon, Kamis (15/10/2020), dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Doa Pembukaan oleh Ketua PPK Tomohon Selatan, Ibu Lily Mangundap. Selanjutnya rapat pleno dibuka oleh Ketua KPU Tomohon, Harryanto Y S Lasut. Sesudah penyampaian dan pembukaan oleh Ketua KPU Tomohon, diberikan kesempatan kepada Bawaslu Kota Tomohon untuk memberikan penyampaian terkait daftar pemilih.

Ketua Bawaslu, Deisy Soputan menyampaikan bahwa sebelum melanjutkan Rapat Pleno Terbuka Penetapan Daftar Pemilih Tetap, Bawaslu Tomohon telah menyampaikan 2 (dua) rekomendasi kepada pihak KPU Tomohon pada hari Rabu 14 Oktober 2020 dan Bawaslu menunggu tindak lanjut dari KPU terkait surat rekomendasi tersebut. Maka rapat pleno terbuka diskors untuk melakukan pencermatan terkait rekomendasi yang diberikan oleh Bawaslu.

Pukul 14.41 Wita, Rapat Pleno Terbuka diskors. Selanjutnya pukul 16.15 WITA, skors dicabut dan Rapat Pleno Tebuka dilanjutkan. Dalam masa skors, KPU telah melakukan pencermatan terhadap data rekomendasi dari Bawaslu Kota Tomohon.

Rapat Pleno dilanjutkan dengan penyampaian Rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Rekapitulasi daftar pemilih sementara hasil perbaikan yang disampaikan oleh PPK se-kota Tomohon tentunya bukanlah menjadi hasil akhir yang akan disampaikan juga di tingkat kota Tomohon. Hasil akhir di tingkat kota Tomohon sangat berbeda dengan yang disampaikan di tingkat kecamatan terkait data pencermatan terhadap rekomendasi Bawaslu Tomohon. Selain itu, KPU Tomohon menindaklanjuti PKPU No. 17 Tahun 2020 terkait pemutakhiran data dan penyusunan daftar pemilih yang berada di Lembaga Pemasyarakatan.

Selanjutnya pembacaan Hasil Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Kota Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon serta Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020, oleh Komisioner Divisi Perencanaan, Data dan Informasi, Albertien V Pijoh. “Total DPT Kota Tomohon dalam Pilkada 2020 berjumlah 73.633,” jelasnya.

Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here