Perkuat Kelembagaan, KPU Tomohon Gelar Rakor

0
4
Rakor penguatan kelembagaan terkait kode etik penyelenggara.(ist)

SULUTIMES, Tomohon – KPU Kota Tomohon menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) penguatan kelembagaan terkait kode etik penyelenggara dalam Pilkada serentak tahun 2020, di Kantor KPU Tomohon, Senin (2/11/2020).

Kegiatan ini dibuka oleh Ketua KPU Kota Tomohon Harryanto Lasut, dilanjutkan dengan arahan dari Komisioner Divisi SDM, Sosialisasi dan Parmas, Stenly Kowaas. Sesudah itu materi yang disampaikan langsung oleh anggota DKPP RI Dr H Alfitra Salamm APU.

Lasut mengatakan kegiatan ini tentunya bertujuan untuk memberikan penguatan kelembagaan kepada badan Ad Hoc dalam Pilkada Serentak 9 Desember 2020. “Sebagai penyelenggara sangatlah penting untuk menjaga integritas dalam pelaksanaan pemilihan serentak tahun 2020,” kata Lasut.

Untuk itu lanjutnya, penyelenggara ad hoc perlu untuk meningkatkan kemampuan dalam hal tertib administrasi, leadership, profesionalitas dan integritas. Selain itu, dalam penyelenggaraan pemilihan juga sangat dibutuhkan sikap keterbukaan atau transparansi dalam pelaksanaan tahapan serta soliditas sebagai penyelenggara.

“Semakin penyelenggara dipercaya, itu berarti semakin meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat. Dan yang terpenting dalam penyelenggaraan pemilihan serentak saat ini yaitu KPU senantiasa mensosialisasikan kepada pasangan calon terkait Protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19 pada masa kampanye,” pungkasnya.

Turut hadir sebagai narasumber; akademisi dan pengamat politik, Dr Ferry Liando SIP MSi, Ketua dan Anggota KPU Kota Tomohon serta Ketua PPK dan Ketua PPS se-Kota Tomohon.

Qys

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here