Bawaslu Tomohon Buka Seleksi Calon Panwascam Pilkada 2024

0
16
Bawaslu Tomohon Buka Seleksi Calon Panwascam Pilkada 2024
Stenly Kowaas

SULUTIMES, Tomohon – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tomohon membuka dan memulai tahapan seleksi calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) se-Kota Tomohon.

Nantinya, Panwascam di Lima (5) Kecematan se-Kota Tomohon terpilih akan melakukan tugas-tugas pengawasan saat pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Tomohon 2024.

Ketua Bawaslu Kota Tomohon Stenly Kowaas mengatakan proses seleksi calon anggota Panwascam dibagi dalam dua tahap. Tahap pertama dimulai dengan evaluasi kinerja semua anggota Panwascam di lima kecamatan saat Pemilu 2024 lalu.

“Ini sesuai keputusan 4224 Ketua Bawaslu RI tentang pedoman pelaksanaan pembentukan Panwaslu Kecamatan untuk pemilihan tahun 2024,” ujarnya.

Lanjut Stenly Kowaas menjelaskan, evaluasi akan dilakukan dalam bentuk penilaian atasan langsung terhadap kinerja para personal Panwascam selama tahapan Pemilu 2024, serta evaluasi berbentuk portofolio yang nantinya akan berwujud instrument penilaian yang formatnya sudah ditentukan oleh Bawaslu RI.

“Jadi manakala saat dilakukan serangkaian evaluasi kinerja kemudian anggota Panwascam masih memenuhi syarat, mereka akan langsung ditetapkan kembali menjadi anggota Panwascam di Pilkada. Tapi kalau ada yang tidak lagi memenuhi standar kualifikasi yang ditetapkan, baru akan dilakukan rekrutmen baru. Itulah tahapan kedua,” jelas Kowaas mantan Komisioner KPU Tomohon dua periode ini.

Kowaan mencontohkan, misalnya di kecamatan A hanya 1 anggota Panwascam Existing yang memenuhi standar kualifikasi, maka akan dibuka pendaftaran baru untuk mengisi 2 sisa kursi. “Kan per kecamatan 3 orang,” ungkapnya.

Meski demikian menurut Kowaas, Bawaslu Tomohon juga tetap akan membuka proses tanggapan masyarakat terkait calon-calon anggota Panwascam Pilkada, yang saat ini berstatus eksisting (yang bertugas di Pemilu 2024).

“Jadi kami mengajak masyarakat untuk terlibat dalam memberikan informasi, jika mereka-mereka ini dianggap melakukan tindakan-tindakan yang menjurus pada keberpihakan kepada parpol atau figur-figur yang selama ini mulai mencitrakan diri sebagai kandidat bakal calon kepala daerah,” kuncinya.

Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini