Selain Kebutuhan Air Baku, Bendungan Lolak Juga Berpotensi Untuk PLTMH

0
28
Bangunan Bendungan Lolak

 

SULUTIMES, Bolmong – Pembangunan Bendungan Lolak tepatnya berada di Desa Pindol Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) Sulawesi Utara (Sulut) nantinya tidak hanya untuk kebutuhan irigasi. labih dari itu, waduk yang pekerjaanya dimulai sejak awal 2015 itu potensi adanya pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Kepala Balai Wilayah Sungai Sulut Ir. Bastari, M.Eng mengatakan Selain mendukung irigasi, bendungan ini juga mendukung penyediaan air baku 500 liter/detik dan memiliki potensi tenaga listrik 2,43 megawatt.
“Karna potensinya tersedia dan cukup besar, nantinya di bendungan Lolak akan ada pengembangan PLTMH,” sebut Bastarai melalui via telfon. Selasa (24/08/2021)

Secara teknis menurutnya, waduk yang akan membendung Sungai Lolak itu mampu menampung air sebanyak 16 juta kubik. Memiliki menara bendung setinggi 58 meter.
“Nantinya airnya akan dimanfaatkan untuk irigasi seluas 2.214 hektare, air baku untuk air minum di Lolak dan Pinogaluman 500 liter per detik, dan untuk PLTMH sebesar 2,43 MW,” terang Kepaa Balai yang belum satu tahun menjabat ini.

Terpisah Site Operation Manager PT. PP Bendungan Lolak Carto Andriyanto, ST mengatakan, Proyek Bendungan Lolak ditargetkan selesai akhir tahun 2021.
“Saat ini progres fisik bangunan waduk Lolak sudah mencapai 90 persen,” singkatnya.
(ADR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here