Disnaker Sulut Gandeng SMK Cokroaminoto Lolak Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi

0
26
Nampak suasana pelatihan berbasis Kompetensi yang dibuka oleh Asisten II Pemkab Bolmong Zainudin Paputungan

SULUTIMES, Bolmong – Untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan siap kerja. Dinas Ketenaga Kerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menggandeng SMK Cokroaminoto Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) untuk menggelar pelatihan kelompok Pemuda yang berbasis Kompetensi.

Hasil Pantauan Wartawan Sulutimes.com. acara pelatihan yang diikuti oleh sekitar 30 orang peserta tersebut secara resmi dibuka oleh Asisten II Pemkab Bolmong Zainudin Paputungan, SE. Senin (04/10/2021).

Suasana pembukaan pelatihan

Dalam sambutanya Zainudin Paputungan mengatakan kalau mempersiapkan kader-kader yang terampil memang harus di mulai dari sekarang. mengingat wilayah Bolmong juga merupakan Daerah yang sangat potensial dan menjadi tujuan Investor terutama yang bergerak dibidang industri.
“Saat ini sudah ada PT Conch yang bergerak di Industri Semen sedang beroperasi di wilayah Bolmong, belum lagi jika Kimong (Kawasan Industi Bolmong) mulai di buka. dimana semua itu butuh tenaga kerja yang terampil,” sebut Paputungan.

Dirinya berharap para peserta boleh dapat mengikuti kegiatan pelatihan tersebut sehingga boleh bermanfaat bagi para peserta dikemudian hari.
“Semakin banyak tenaga siap kerja yang di persiapkan akan semkin bagus, sebab hal itu juga akan dapat menekan angka pengangguran. paling tidak jika tidak tertarik bekerja sebagai buruh. maka keterampilan yang diperoleh lewat pelatihan tersebut boleh dimanfaatkan untuk kegiatan usaha sendiri,” tuturnya lagi.

Sementara itu Kepala SMK Cokroaminoto Lolak, Iwan S.Paputungan, S.Pd selaku tuan rumah sekaligus mitra pelaksanaan pelatihan mengatakan. kalau kegiatan tersebut akan berlangsung selama 30 hari (1 Bulan).
“Para peserta akan diajarkan tentang perbengkelan dan las besi,” terang Iwan.

ASN sekaligus pengusaha muda di Lolak ini juga mengatakan setelah pelatihan. para peserta nantinya akan diberikan sertifikat pelatihan sebagai bukti memiliki Kompetensi dibidangnya.
“Semoga adanya pelatihan ini boleh memberikan manfaat bagi para pesertanya,” pungkasnya lagi.
(ADR)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here