Yon Armed 19/105 Trk Bogani Bentangkan Bendera Merah Putih Sepanjang 100 Meter Di Bukit Semugang Perbatasan RI-Malaysia

0
115
Suasana perayaan Hut RI Ke-77 Yon Armed 19/105 Trk Bogani Lolak di perbatasan RI-Malaisia

SULUTIMES, Bolmong – Dibawah pimpinam Dansatgas Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani Bolaang Mongondow (Bolmong) Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. bekerja sama dengan sejumlah instansi terkait Kecamatan setempat melaksanakan pembentangan bendera merah putih sepanjang 100 meter di Bukit Semugang, Kecamatan Nanga Badau, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. (Rabu, 17 Agustus 2022) 

Nampak sejumlah anggota Satgas Pamtas Yon Armed 19/105 membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter

Dalam wawancaranya, Dansatgas pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo, S.Sos., M.Han. mengatakan bahwa kegiatan ini dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dan sebagai wujud bentuk semangat kebinekaan.

“Kegiatan pembentangan bendera merah putih sepanjang 100 meter ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan kita dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, dalam kegiatan tersebut pasukan yang terlibat yaitu personel TNI-Polri, pasukan Paskibra kecamatan Badau dan anak-anak sekolah menggunakan pakaian adat yang melambangkan semangat kebhinekaan.” Ujar Dansatgas.

Nampak aktifitas Satgas Pamtas RI-Malaysia melewati salah satu kawasan wisata di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.

Kegiatan diawali dengan mengarahkan bendera dari depan gerbang masuk wisata alam Bukit Semugang. Kemudian bendera digiring ke dalam malalui jalan di lereng bukit hingga sampai diatas bukit sambil diiringi dengan lagu-lagu wajib.

Selanjutnya seluruh personel yang menggiring bendera tersebut menghadap ke lereng sambil menyaksikan bendera merah putih melintas diatas wisata alam bukit semugang dengan menggunakan Flying Fox. Setelah itu seluruh personel melaksanakan penghormatan umum kepada Bendera merah putih sepanjang 100 meter tersebut.

 

Selain dalam rangka memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-77, kegiatan pembentangan Bendera Merah Putih sepanjang 100 meter ini adalah sebagai langkah dalam mempromosikan wilayah perbatasan Indonesia dan Malaysia serta menunjukkan bahwa semangat kebhinekaan di perbatasan masih sangat terjalin dengan baik.

 

Hal ini sebagaimana diungkapkan oleh Bapak Sudayat sebagai Pemilik Wisata alam Bukit Semugang.

“Kegiatan ini tidak hanya sebagai kegiatan untuk memeriahkan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga sebagai wadah untuk mempromosikan wilayah perbatasan di Kecamatan Badau. Selain itu juga untuk menunjukan bahwa semangat kebhinekaan di wilayah perbatasan masih terjalin dengan baik.” Ujar Sudayat.

 

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Dansatgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 19/105 Trk Bogani, Sekertaris Kecamatan Badau, Kapolsek Badau dan Tokoh Masyarakat Bapak Sudayat.

(ADR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini