Larut Dalam Kebersamaan, Bupati Limi Apresiasi Ritual Mandi Safar Desa Babo

0
17

SULUTIMES, Bolmong – Ritual mandi safar yang jadi tradisi tahunan warga Desa Babo, Kecamatan Sangtombolang kembali dilaksanakan, Penjabat Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong) Ir Limi Mokodompit MM turut hadir dan memberikan apresiasi serta turut larut dalam kebersamaan dengan warga yang ikut pada kegiatan itu, Rabu (21/9/2022).

Dalam prosesi acara yang dilaksanakan dikawasan wisata pantai Babo tersebut didahului dengan pelaksanaan solat sunah dua rakaan yang diikuti Bupati Limi Mokodompit bersama Wakil Ketua DPRD Bolmong Sulhan Manggabarani serta seluruh warga yang hadir.

Nampak peserta ritual sedang mengikuti solat sunah dua rakaat (Foto:Istimewa)

Atas kehadiran orang nomor satu di Bolmong itupun Ketua Panitia Perayaan Mandi Safar desa Babo Irawan Paputungan, S.Sos.I, MA mengucakpan terima kasih.
“Sudah bergonta-ganti Bupati di Bolmong. namun alhamdulillah Pak Limi lah yang menjadi Bupati satu-satunya berkenan menghargai undangan serta turut mengikuti acara ini,” ungkap Paputungan

Ia menerangkan perayaan mandi safar ini setiap tahun dilaksanakan, ini ritual turun temurun yang terus dilaksanakan dibibir pantai. Kenapa kata Ustadz Aweng digelar di pantai, dikarenakan air merupakan sumber berkah dari segalanya sebab sebagian yang dibutuhkan oleh manusia adalah air.
“Arti Wekasan (rabu terakhir dibulan safar). Kami berharap ada dukungan pemerintah kabupaten Bolmong diperayaan ditahun – tahun berikutnya. Apalagi pantai babo ini merupakan lokasi wisata. Perlu dijadikan juga sebagai wisata religi bahkan di desa Babo, ternyata ada lokasi kuburan raja yang perlu diperhatikan,” ungkap Ustadz.

Suasana warga Babo yang dengan khusu’ mengikuti kegiatan prosesi mandi safar (Foto:Istimewa)

Wakil ketua DPRD Bolmong Sulhan Manggabarani, pada kesempatan itu menyampaikan patut memberikan apresiasi kepada Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, karena sejak bertugas di Bolmong untuk tetap hadir di ditengah – tengah hajatan masyarakat.
“Mudah – mudahan bupati dalam menjalankan tugas selalu dalam perlindungan dari Allah SWT,” ucapnya.

Pada kesempatan itu juga, Sulhan memberikan apresiasi kepada Pemkab Bolmong lewat dinas pariwisata yang telah menganggarkan pada APBD 2022 ini lewat pokok – pokok pikiran (Pokir) yakni Banana Boat dan Spead Boat. Dan pada hari ini sudah direalisasikan.
“Di babo sendiri potensi wisata yang perlu diperhatikan seperti Potensi wisata mangrove. Jika ini diperhatikan oleh dinas pariwisata saya yakin ini akan menambah sumber pendapatan asli daerah (PAD),” ujar Sulhan.

Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM mengatakan sangat memberikan apresiasi sebab di era milenial ini bisa mengangkat tradisi leluhur kita.
“Kehadiran pada kegiatan seperti ini wajib bagi pimpinan daerah hadir ditengah – tengah masyarakat, kecuali urusan pemerintahan yang tak bisa diwakili,” kata Bupati.

Bupati pun bersyukur pada kegiatan doa pada kegiatan yang dilaksanakan oleh masyarakat Babo pada saat ini.
“Kita bersyukur kepada Allah SWT karena kegiatan yang mendoakan semakin kita berdoa maka insyaallah keberkahan di Bolmong akan dijauhkan dari marabahaya,” ujarnya.

Bupati Limi menyerahkan hadiah kepada sala satu peserta ritual mandi safar

Kata Bupati, mandi safar ini merupakan ritual leluhur kita dari turun temurun yang perlu kita lestarikan. Selain menolak sesuatu balak bencana juga akan mendatangkan keberkahan.

“Kedepan dinas pariwisata saya minta lakukan kegiatan Iven tahunan pemkab Bolmong yang lebih besar. Harus cepat terjemahkan apa yang disampaikan tadi, nuansa perayaan lebih menggema agar para UKM dan ada jualan kerajinan serta kuliner disini. Ini harapan kita semua saya yakin,” tandas Bupati.

Turut hadir, Kadis Pariwisata Bolmong Linda Mashuri, Camat Sangtombolang dan Kapolsek serta sejumlah Sangadi se-Kecamatan Sangtombolang seperti Sangadi Desa Cempaka, Ayong dan desa Pangi.(Advetorial)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini