Dirut RSUD Datoe Binangkang Sambut Tim Survey Penilai Akreditasi KARS

0
2

 

SULUTIMES, Bolmong – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Datoe Binangkang, kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menyambut baik pelaksanaan penilaian Survey Akreditasi Rumah Sakit oleh KARS (Komisi Akreditasi Rumah Sakit).

“Penilaian ini agenda wajib setiap tiga tahun sekali,” kata Direktur RSUD Datoe Binangkang, dr. Abdul Jabar Rijal Ontowirjo, Sp.And, Senin (11/05/2023).

Ia mengatakan, tim ini akan melakukan penilaian selama tiga hari ini Senin, 8 Mei 2023 hingga tanggal 10 Mei 2023. Dimana bertempat di RSUD Datoe Binangkang Jl. Desa Lolak II – Kecamatan Lolak, Bolmong.

Salah satu tim akreditas berkomunimasi dengan perugas medis RSUD

Ia menerangkan Pada hari pertama, agenda Pelaksanaan Penilaian Survei dilakukan secara daring atau online dimana Tim Surveyor mengecek kelengkapan konfirmasi dokumen serta dilanjutkan dengan telaah Rekam Medik tertutup.

Kemudian, pada Agenda pada hari kedua, para surveyor melakukan telusur lapangan terkait implementasi yang sudah dilakukan oleh RSUD Datoe Binangkang, dimulai dengan pertemuan wawancara dengan dewan pengawas dan pemilik rumah sakit, serta dilanjutkan dengan telusur unit dan instalasi seperti Radiologi, Laboratorium, TPS B3, IPAL, Sistem Utilitas, Fasilitas keamanan, Kamar Jenazah, Pelayanan di Kamar Operasi, Rawat Jalan, Pendaftaran, dan Pelayanan Pengaduan.

Selanjutnya, Pada hari ketiga, survey dilanjutkan ke unit atau Instalasi Gizi, Linen/Loundry, Hemodialisa, CSSD, Ruang Isolasi, Ruang Pencampuran Obat, Penyewa lahan, Rehabilitasi Medis, PKRS, Laboratorium, Telusur Komunikasi Efektif di Unit Rawat Inap, Unit Rekam Medik, IT/ SIM RS, serta dilanjutkan dengan pelaksanaan Code Blue, Code Red dan evakuasi, hingga ditutup dengan exit conference.

Tim penilaian akreditas mewawancarai petugas medis RSUD

dr Abdul berharap dengan terselenggaranya penilaian Survey Akreditasi Rumah Sakit Tahun 2023 yang disurvey oleh KARS ini, RSUD Datoe Binangkang mampu memperbaiki atau mendapatkan predikat yang lebih baik dari sebelumnya.
“Mudah-mudahan akan mendapatkan nilai predikat maksimal yaitu paripurna,” tandasnya. (ADRI).

-
-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini