Bupati Limi Pimpin Upacara Peringatan 4 Momentum Hari Nasional Sekaligus

0
6
Upacara 4 Momen Hari Nasional sekaligus di Bolmong

SULUTIMES, Bolmonh – Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) melaksanakan rangkaian hari peringatan nasional. Rangkaian upacara itu antara lain hari Korpri, Hari Kesehatan, Hari Guru dan Hari Ikan Nasional tahun 2023.

Penjabat Bupati Bolmong Ir Limi Mokodompit MM, memimpin langsung upacara yang di selenggarakan di halaman kantor Bupati Bolmong, Rabu (29/11/2023).

Bupati Limi Mokodompit Membacakan amanat pembina upacara

Pada kesempatan itu, Bupati menyampaikan selamat hari guru Nasional ke 78 tahun 2023, kepada para guru, pendidik dan tenaga pendidikan di kabupaten Bolmong. Dengan tema bergerak bersama rayakan merdeka belajar. Dengan melalui tema ini, kata Bupati, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, riset dan teknologi Nadiem Anwar Makarim, mengatakan tema ini merupakan ruang apresiasi kepada guru atas semangat belajar berbagi dan berkolaborasi didalam merdeka belajar.

“Sehingganya, peringatan hari guru Nasional saat ini harus dirayakan dengan melaju kedepan,” kata Bupati.

Kesempatan itu, juga dirangkaikan dengan hari Ikan Nasional. Bupati dalam sambutannya mengatakan dengan mengusung tema, ikan untuk generasi emas.

Generasi emas ini, kata Bupati merupakan generasi yang sehat, kuat, cerdas dan berakhlak baik.

Dihari ikan Nasional tersebut, ia menekan agar masyarakat untuk dapat meningkatkan konsumsi ikan, sebagai investasi gizi kita kepada generasi mendatang. Sekaligus memberikan penyadaran kepada masyarakat akan pentingnya memakan ikan.
“Ikan ini juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber pangan untuk mewujudkan ketahanan pangan dan gizi nasional,” ujar Bupati Limi.

Kesempatan itu juga dirangkaikan dengan hari Korpri ke 52 tahun 2023. Ia pun Membacakan sambutan Ketua umum dewan pengurus Korpri Nasional Zudan Arif Faktulloh, menyampaikan selamat ulang tahun kepada para anggota Korpri di seluruh Indonesia maupun perwakilan Republik Indonesia di luar negeri. Dalam membacakan sambutan tersebut, ia mengatakan pada momentum ulang tahun Korpri ini, sebagai upaya untuk meneguhkan Korpri dalam menguatkan NKRI dan pelindung ASN.
“Saya juga ucapkan terima kasih kepada anggota Korpri dan seluruh ASN, karena peran ASN program – program nasional dapat berjalan dengan optimal,” ungkap bupati.

Peran juga anggota Korpri, kata Bupati telah berperan penting dalam pengendalian inflasi dan stunting sangat besar meski dilakukan secara bertahap untuk diturunkan.
“Insya Allah tahun 2024 sudah sesuai target dapat mencapai 14 persen, atau bahkan kurang dari itu,” imbuh Bupati.

Lanjut Bupati, saat ini telah mengalami perubahan yang cukup besar yakni perubahan teknologi dan perubahan harapan masyarakat yang terus meningkat.

Kesempatan ini juga dirangkaikan dengan Hari Kesehatan Nasional ke 59 tahun 2023.
Hari kesehatan tersebut mengangkat tema, transformasi kesehatan untuk Indonesia maju.

Dalam sambutannya, ia mengatakan ada enam pilar transformasi kesehatan yang harus dibangun bersama sebagaimana amanat yang terdapat dalam undang – undang 1945 bahwa, setiap orang berhak memperoleh pelayanan kesehatan. Dan negara bertanggung jawab terhadap penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan yang layak.

Bupati Bolmong Limi Mokodompit bersama Sekda Bolmong Tahlis Galang dan yang mewakili Kapolres Bolmong

Enam pilar kesehatan tersebut yakni tranformasi layanan primer, layanan rujukan, sistem ketahanan kesehatan, Sistem pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan, serta teknologi kesehatan.
“Transformasi kesehatan ini dapat berjalan dengan baik, jika ada kolaborasi yang erat sinergi yang kuat antara pemerintah pusat, daerah dan seluruh elemen masyarakat Indonesia,” terang Bupati.

Meski begitu, transformasi pelayanan kesehatan tidak akan terwujud tanpa adanya transformasi budaya kerja insan tenaga kesehatan.

Tak hanya itu, pada pilar ke tujuh adalah sangat penting dilakukan oleh tenaga kesehatan sebagaimana sering disebutkan oleh Menteri Kesehatan Gunadi Sadikin, Bahwa tranformasi yang ke tujuh yakni reformasi organisasi kesehatan di internal tenaga kesehatan pada sumber daya manusia atau SDMnya.
“Ini demi mewujudkan birokrasi yang akuntabel, lincah, profesional, dan tidak korupsi dan melayani masyarakat dengan sepenuh hati,” tandasnya.

Diketahui, hadir pula mendampingi Bupati, Sekda Bolmong Tahlis Gallang. Pimpinan OPD Pemkab Bolmong, dan peserta upacara Anggota Korpri ASN dilingkungan Pemkab Bolmong. (Advetorial).

-
-

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini