Relawan Demokrasi Bolmong Gelar Sosialisasi Tentang Pemilu

0
12
Relawan Demokrasi Bolmong.(foto:Adri/sulutimes)

SULUTIMES, Bolmong – Proses pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden, DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi, DPD-RI dan DPR-RI tinggal menghitung hari.

Sehingga itu, untuk berbagi informasi dengan masyarakat tentang tatacara pencoblosan, Relawan Demokrasi Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) menggelar sosialisasi tepatnya di Tribun Lapanggan Da’agon, Desa Lolak, Kecamatan Lolak, Minggu (31/3/2019).

Kepada Sulutimes.com Koordinator Relawan Demokrasi Minhar Lamama mengatakan kegiatan sosialisasi yang digelarnya itu selain melibatkan tokoh-tokoh masyarakat, pihaknya juga turut mengundang kehadiran 251 Calon Legislatif (Caleg) khusus Daerah Kabupaten dengan masing-masing mebawa minimal 5 orang tim suksesnya.

“Kita berharap, lewat kegiatan sosialisasi ini diharapkan akan dapat meningkatkan partisipasi pemilih serta menambah pengetahuan masyarakat tetang tatacara pemilihan yang berlaku saat ini,” ungkap Minhar.

Menurutnya, proses pemilihan saat ini memang tidak jauh beda dengan sebelum-sebelumnya. Namun, untuk DPRD, DPRD Provinsi dan DPR-RI terdapat beberapa perbedaan diantaranya, kalau sebelumnya pada kertas suara terdapat nomor urut, nama dan gambar calon, maka kali ini haya ada nomor urut dan nama calon.

Nampak aksi Relawan Demokrasi Bolmong.(foto:Adri/sulutimes)

“Kegiatan kali ini adalah rangkaian dari proses sosialisasi sebelumnya yang sudah digelar oleh Relawan Demokrasi diantaranya melalui door to door, serta memanfaatkan ruang-ruang pertemuan masyarakat untuk memberikan penyampaian tetang pemilu,” terangnya lagi yang turut dibenarkan Sekretaris Relawan Demokrasi Imelda Tambajong.

Ditempat yang sama salah satu Komisioner KPU Bolmong Hasrul Dumambow menyampaikan apresiasi atas inisiatif Relawan Demokrasi melaksanakan sosialisasi tersebut.

“Di Sulawesi Utara satu-satunya relawan yang menggelar sosialisasi akbar itu hanya di Bolmong, sehingga tidak berlebihan jika kita mengucap apresiasi dan supor penuh atas terselenggaranya kegiatan tersebut,” terang Rumambow usai memberikan materi.

Dirinya juga menjelaskan kalau Relawan Demokrasi ini adalah bentukan Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolmong 23 Januari 2019 lalu terdiri dari 52 orang personil dari berbagai latar belakang yang tugasnya membantu penyeleggara dalam rangka mengsosialisasikan tatacara pemunggutan suara serta pengenalan terhadap kertas suara.

“Sasaran dari Relawa Demokrasi ini antara lain pemilih pemula, pemilih perempuan, pemilih yang termarjinalkan, pemilih muda usia 22 tahun, pemilih komonitas, pemilih berkebutuhan Khusus, pemilih berbasis keluarga, warga net, pemilih berbasis agama, pemilih penyandang disabilitas,” tutupnya.

Usai kegiatan sosialisasi berlangsung kegiatanpun di lanjutkan dengan bagi-bagi kue gratis oleh Relwan dan KPU Bolmong kepada warga sambil mengingatkan untuk datang pada pencoblosan.

 

Adri Paputungan/Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini