Ajukan Balon Anggota Legislatif, Berkas Partai Nasdem dan PKB Dikembalikan

0
9
Komisioner KPU Manado bersama Ketua PKB Manado Greity Tielman usai penyerahan pengembalian berkas.(foto:jakas)

SULUTIMES, Manado – Hingga H-2 dibuka oleh KPU Kota Manado terkait pengajuan bakal calon anggota DPRD Kota Manado sampai pukul 15.00 Wita, baru dua partai yang mendaftarkan diri pertama Partai Nasdem Kota Manado selanjutnya Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Manado.
Diketahui bersama, Komisi Pemilihan Umum Kota Manado, mulai tanggal 4 Juli 2018 telah membuka Pengajuan Bakal Calon Anggota DPRD Kota Manado bertempat di Kantor KPU Manado, hingga tanggal 17 Juli 2018.
Namun, pemasukan berkas bakal calon kedua partai tersebut masih mengalami kendala hingga dikembalikan oleh pihak KPU Manado.
“Iya, hari ini dua partai menjadi pendaftar pertama, Partai Nasdem Kota Manado disusul PKB Kota Manado,” ucap Ketua KPU Kota Manado Sunday Rompas ST disela sela menerima berkas kedua partai tersebut, Senin (16/7/2018) di kantor KPU Manado.
Namun lanjut Rompas, pihaknya belum bisa menerima dengan alasan sistem aplikasi yang mereka masukan dalam hal ini silon, ada kendala dalam mengupload foto para bakal calon anggota DPRD dari kedua partai tersebut.
“Setelah diverifikasi oleh KPU Manado, berkas kedua partai tersebut belum memenuhi syarat pengajuan bakal calon, jadi kami nyatakan di kembalikan berkas mereka untum dilengkapi. Juga masih ada kendala dengan pengupload foto, karena foto tidak terbaca. Maksudnya sistim tidak dapat dibaca,” terang Rompas.
Jadi lanjut Rompas, untuk sementara status dari partai Nasdem dan PKB masih di kembalikan (perbaikan).
“Berkas Partai Nasdem dan PKB Manado belum memenuhi syarat pengajuan bakal calaon dan dinyatakan kembalikan. Sedangkan untuk berkas PKB, formulir B lembar kedua tidak ada B.1 serta ada di beberapa dapil, calon tidak memiliki foto,” jelas Rompas didampingi kedua komisioner lainnya Drs Jusuf J Wowor MSi dan Moch Syahrul HS.
Sementara itu, dari pantauan sulutimes.com di kantor KPU Manado, berkas pengajuan Partai Nasdem langsung dibawa oleh Ketua DPD II Partai Nasdem Kota Manado Gilbert Eman. Hal yang sama juga dengan Partai PKB oleh Ketua PKB Kota Manado Greity Tielman.
“Untuk berkas PKB sebenarnya sudah lengkap, tapi karena ada kendala teknis dan yang paling menonjol masih ada 4 caleg yang belum lengkap berkas terlebih foto mereka. Namun kami optimis segera dapat memenuhinya,” yakin Tielman saat menggelar konferensi pers di kantor KPU Manado, Senin (26/7/2018).

 

Vicri Lahansang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini