Lomban Ajak Warganya Tanam 25 Pohon Seumur Hidup

0
7
Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban saat menanam pohon di Hutan Kota, Kelurahan Danowudu.(ist)

SULUTIMES, Bitung – Seluruh masyarakat Kota Bitung, harus mulai memperhatikan kelestarian alam karena kondisi bumi saat ini sudah sangat panas akibat berkurangnya hutan.
“Hutan harus mulai diperhatikan, selain fungsinya memproduksi oksigen yang sangat dibutuhkan manusia, keberadaan hutan memilki fungsi untuk mencegah erosi, penyimpan air tanah dan menjaga suhu udara dari polusi,” tutur Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, didampingi Ketua TP-PKK Kota Bitung Khouni Lomban-Rawung yang juga sebagai Kepala Sekolah Sungai, saat melakukan penanaman pohon di Hutan Kota, Kelurahan Danowudu, Kecamatan Ranowulu, Jumat (20/7/2018).
Lomban juga memaparkan Kota Bitung sebagai Kota yang sangat diberkati Tuhan, memiliki 42,6 % areal hutan dari luas wilayah Kota Bitung.
Hal tersebut harus terus dikembangkan dengan menambah jumlah populasi pohon sehingga Kota Bitung dapat berkontribusi menyalurkan oksigen bagi daerah lain.
“Saya mengajak semua masyarakat Kota Bitung untuk mulai menanam pohon, 25 pohon seumur hidup, sesuai dengan program pak Jokowi lewat Instruksi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor: NS.1/MENLHK/PDASHL/DAS.1/8/2017 yang mewajibkan kita menanam dan memelihara sekurang-kurangnya 25 pohon selama hidup. Tetapi jika memungkinkan kita akan menanam lebih dari itu,” tutup Lomban.
Pada kesempatan tersebut Lomban bersama semua yang hadir melakukan penanaman 50 Pohon Pakoba yang dilengkapi kartu yang berisi informasi lokasi titik penanaman pohon waktu penanaman, jenis tanaman, serta data orang yang menanam.
Sambil menunjukan Kartu tersebut Lomban menyampaikan bahwa semua informasi pohon nantinya dapat dimonitor lewat aplikasi android.
Turut hadir unsur Forkopimda Kota Bitung.

 

Eby’x

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini