Mapalus Dovoma, Warga Kawanua di Yogyakarta Rayakan Pengucapan Syukur

0
70
Warga Kawanua di Yogjakarta berkumpul berpengucapan syukur.(ist)

SULUTIMES, Yogjakarta – Walau jauh tak berada bersama sama sanak saudara, namun warga Kawanua yang berada di Yogjakarta (Jogja) tak melupakan tradisi tahunan di tanah Minahasa, yaitu Pengucapan Syukur.
Diketahui bersama, Minggu 22 Juli 2018 warga yang ada di tanah Minahasa serempak merayakan pengucapan syukur.
Seakan merasa di kampung halaman masing masing, masyarakat Kawanua yang tergabung dalam dalam Ikatan Keluarga Kawanua (IKK) Jogja, Minaesa Tou Indonesia (MTI) Cabang Jogja, Keluarga Mahasiswa Pascasarjana Sulut (KMPS) Jogja, dan Himpunan Pemuda Mahasiswa Kawanua (HPMK) Jogja, serta warga Kawanua yang tinggal di Jogja dan sekitarnya, berkumpul bersama dalam Perayaan Pengucapan Syukur di Asrama Mahasiswa Sam Ratulangi 1 Yogyakarta, Minggu (22/7/2108).
“Kami telah mempersiapkan acara ini sejak 2 minggu terakhir, bersepakat berkumpul bersama dan diakhir dengan makan bersama. Semua hidangan kami sajikan dengan cara Mapalus Dovoma atau mengumpulkan makanan yang dibawa masing-masing dari rumah untuk dimakan bersama seluruh warga Kawanua yang datang,” ujar Ketua IKK Yogyakarta Senopati Jacob.

Warga Kawanua, bakar bulu nasi jaha di Asrama Sam Ratulangi 1 Yogyakarta.(ist)

Pengucapan Syukur Warga Kawanua Yogyakarta ini diawali Ibadah yang dipimpin oleh Pdt Meisye Gasperz STh, yang melalyani di GPIB Margomulyo Malioboro, keturunan asli asal Minahasa.
Acara ini dihadiri seluruh warga Kawanua dari berbagai latar belakang, baik Bolmong, Gorontalo, Sangihe, Talaud, Minahasa, Islam, Kristen, Hindu, Buddha, orang tua, anak-anak, dan mahasiswa S1 hingga S3.
“Hal ini benar-benar menandakan bahwa kearifan lokal Sulawesi Utara dalam motto Torang Samua Basudara dan Torang Samua Ciptaan Tuhan tetap terjaga dengan sangat baik oleh seluruh warga Kawanua di Jogja meskipun berada di perantauan dan sudah berpuluh-puluh tahun meninggalkan kampung halamannya,” lanjut Ketua Asrama Sam Ratulangi 1 Yogyakarta, Lesza Leonardo Lombok SH LLM.
Terpantau lewat media sosial Facebook milik Lombok, suasana Pengucapan Syukur yang dirayakan oleh Warga Kawanua ini benar-benar dilakukan dengan serius, mulai dari beramai-ramai bakar Nasi Jaha dan Babi Bulu, hingga menyediakan kue-kue khas Pengucapan seperti Dodol dan Cucur. Bahkan beberapa warga Kawanua Muslim pun ikut memasak bersama-sama dengan mereka.

 

Redaksi/Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini