Manado Fiesta Jadi Ajang Atlit Paragliding Raih Pilot Kelas Dunia

0
15

SULUTIMES, Manado – Flying main events Manado Fiesta 2018 menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu pecinta terbang layang. 

Dengan tema iven kejuaraan Paragliding International Accuracy Open Flying Manado Fiesta 2018 (CAT 2 FAI), akhirnya resmi dibuka oleh Walikota Manado Vicky Lumentut diwakili Staff Ahli Walikota bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Pemkot Manado Heri Saptono, Minggu (2/9/2018) di Gunung Tumpa Desa Tiwoho Kecamatan Wori Minahasa Utara.

“Kami berharap dengan adanya olahraga Paralayang di Guning Tumpa, dapat menjadikan lokasi ini sebagai destinasi wisata baru,” ujar Walikota.

Selain itu, lanjutnya, melalui kegiatan ini harapan Pemkot Manado bukan hanya masyarakat Indonesia yang mengetahui keberadaan Gunung Tumpa, tapi bisa sampai ke mancanegara.

“Beberapa atlit telah mengomentaro secara positif lokasi paralayang Gunung Tumpa. Kata mereka keindahannya melebihi yang ada di luar negeri,” ungkapnya.

Sementara itu Bodhi Asoka Suprana selaku Meet Director Pertandingan mengatakan bahwa kejuaraan ini adalah bekal bagi para pilot agar bisa menjadi pilot yang diakui oleh dunia, karena kategori dua ini adalah kategori dimana pilot-pilot yang mengikuti kejuaraan bisa mengetahui ranking berapa yang dicapai pilot tersebut di tingkat dunia.

“Yang jelas kejuaraan ini sifatnya sudah internasional, mungkin karena baru tahun pertama jadi banyak pilot yang tidak tahu, saya berharap kedepan kita akan daftarkan lebih cepat lagi, sehingga pilot-pilot dunia ini sudah mengetahui bahwa ada kejuaraan kategori dua disini dan mereka akan kejar itu, kejuaraan kategori dua seperti ini juga adalah taktik untuk bisa dapat tiket untuk kategori satu yakni kategori pilot kelas dunia,” ujar Bodhi Asoka Suprana yang juga adalah Pengurus Besar Persatuan Gantole Paralayang Indonesia (PB PGPI) bidang Paralayang sembari mengungkapkan kejuaraan Internasional ini peserta dibagi menjadi beberapa kategori peserta yakni Junior Putra, Junior Putri, Senior Putra, Senior Putri, Master dan Beregu.

“Peserta yang mengikuti kejuaraan ini adalah pilot-pilot yang sudah memiliki licence PL 2 dan mendapatkan Sporting Licence,” tambahnya.

“Karena kejuaraan Paralayang ini adalah kejuaraan Internasional yakni memakai kategori 2 untuk rangking dunia, maka khusus peserta kategori senior memakai aturan FAI dalam penilaiannya,” kunci Bodhi.

Diketahui, ada 73 Atlit Paralayang bersaing untuk menjadi Pilot kelas Dunia. Para atlit ini datang dari berbagai negara seperti Hungaria, Rumania dan Malaysia. Dari dalam negeri seperti Jawa Barat, Sumatera Utara, DKI Jakarta, Malang, Nusa Tenggara Timur serta 17 diantaranya adalah perwakilan dari Sulawesi Utara.

Turut menghadiri pembukaan Paragliding International Accuracy Open Flying Manado Fiesta 2018 (CAT 2 FAI) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Manado Laurens Umboh beserta jajarannya, Ketua Federasi Aero Sport Indonesia (Fasi) Sulawesi Utara, Kolonel Nav Insan Nanjaya yang juga Komandan Pangkalan Angkatan Udara Sam Ratulangi (Danlanudsri) Manado, Wakil Kepala Polisi Resor Kota (Wakapolresta) Manado AKBP Arya Perdana, Hj Rum Usulu dan para undangan lainnya.

 

*/Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini