Umboh-Rotty : Parlemen Mengajar Ajak Siswa Jadi Pemilih Cerdas

0
20
Suasana sosialisasi Parlemen Mengajar di SMK Likupang kecamatan likupang Timur kabupaten Minahasa Utara, Senin (3/9/2018).(sulutimes)

SULUTIMES, Sulut – Parlemen mengajar berbicara tentang pentingnya berdemokrasi pemahaman tentang pemilu. 

Ungkapan ini menjadi pembuka dua pembicara utama yaitu Novita Umboh SH MH selaku tenaga ahli DPR RI didampingi oleh Viktory Rotty MPd selaku akademisi Universitas Negeri Manado, pada sosialisasi kegiatan parlemen mengajar yang dilaksanakan di seluruh Indonesia dan untuk Provinsi Sulawesi Utara di 15 Kabupaten/Kota dan kampus-kampus seperti Universitas Negeri Manado (Unima), Senin (3/9/2018) yang kali ini parlemen mengajar digelar di SMK Likupang kecamatan likupang Timur kabupaten Minahasa Utara.

“Indonesia merupakan negara yang menganut trias politika yaitu kelembagaan eksekutif yudikatif dan legislatif legislatif identik dengan parlemen parlemen ini tentu perlu disosialisasikan ke seluruh stakeholder termasuk didalamnya para siswa,” terang pembicara pertama Novita Umboh.

Selain itu, ditambahkan pembicara kedua Viktory Rotty, untuk mengetahui apa dan bagaimana hubungan demokrasi dan pemilu, perlu juga pengenalan tentang siapa pemilih apa peserta pemilu dan siapa penyelenggara Pemilu.

“Dari hal itu, kemudian hal-hal pokok yang lain adalah soal tugas pokok dan fungsi dari parlemen,” ucap Rotty.

Hal ini lanjut mantan Komisioner KPU Bitung, untuk membuat generasi milenial minimal tidak anti politik.

“Tapi justru menjadi minat para siswa dan mahasiswa atau pelajar mencari tahu dan berpartisipasi dalam demokrasi,” paparnya.

Usai sesi pemaparan materi dilanjutkan dengan tanya jawab dengan melibatkan seluruh siswa kelas 3 SMK di Likupang beserta dengan guru-guru.

Di akhir acara siswa yang bertanya mendapatkan Gift dari pembicara sebelum ditutup ada beberapa games yang di tampilkan oleh yang hadir.

Beberapa siswa yang hadir mengungkapkan bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif bagi mereka sebab melalui kegiatan ini mereka mengerti tentang Apa itu parlemen dan bagaimana keterwakilan suara mereka dalam pengambilan keputusan dan kebijakan di tingkat legislatif.

Sementara itu, Gerrit Luntungan SE MBA selaku Tokoh pemuda Likupang menyambut baik kegiatan ini sekaligus siap menudukung suksesnya kegiatan parlemen mengajar ini.

“Kegiatan ini kemudian akan dilanjutkan di sekolah-sekolah lainnya dalam cakupan wilayah Sulawesi Utara,” tukas Novita Umboh yang didampingi Sandy Kussoy dan Tinneke Umboh.

 

*/Jakas

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini