WTP 5 Kali Berturut-Turut, Bitung Dapat Penghargaan Dari Kemenkeu

0
7
Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban saat menerima penghargaan dari Menteri Keuangan Sri Mulyani.(ist)

SULUTIMES, Bitung – Kota Bitung kembali mengukir prestasi, dengan meraih penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), karena berhasil meraih opini LKKL/LKPD Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama lima tahun berturut-turut dari tahun 2013-2017.

Penghargaan ini diberikan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati didampingi Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kemenkeu Marwanto Harjowiryono, kepada Walikota Bitung Maximiliaan J Lomban, dalam acara Rakernas Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Tahun 2018 di Jakarta, Kamis (20/9/2018).

“Apresiasi kepada semua pihak yang telah berkontribusi positif terhadap LKPD, sehingga Kota Bitung mampu meraih prestasi ini yang nantinya akan menjadi motivasi tersendiri kedepan untuk menjadi lebih baik lagi dalam hal pengelolaan keuangan daerah,” kata Lomban usai menerima penghargaan.

Terkait pengelolaan keuangan daerah, Pemerintah Kota (Pemkot) Bitung telah berhasil meraih opini WTP sebanyak tujuh kali berturut-turut terhitung sejak tahun 2011 hingga tahun 2017.

Menurut Lomban, hal itu tidak lepas dari kerja keras semua pihak yang membantu Pemkot Bitung sehingga berhasil menorehkan prestasi sebagai satu-satunya kota/kabupaten di Sulawesi Utara (Sulut) terbanyak meraih penghargaan tersebut, sekaligus menjadikan Bitung sebagai satu-satunya kota/kabupaten di Sulut yang meraih penghargaan ini.

“Terima kasih juga kepada BPK RI Perwakilan Sulut yang terus membantu Pemkot Bitung dengan memberikan pelatihan tentang tata kelola keuangan yang baik,” ujar Lomban yang dalam kesempatan itu didampingi Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Albert Sarese dan Sekertaris BPKAD Kota Bitung Riano Senduk.

Lomban juga mengatakan LKPD Kota Bitung sudah disesuaikan dengan prosedur standar akutansi berbasis akrual, dimana pemeriksaan dilakukan pada Neraca, Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas dan Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih.

Seperti diketahui untuk kategori kota, Bitung menjadi satu-satunya kota di Sulawesi yang menerima penghargaan ini, sementara penghargaan yang sama juga diberikan kepada kabupaten/kota lainnya antara lain Batam, Banjarmasin dan beberapa daerah lainnya.

 

Ronny Willem/Qys

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini