Your Ads

Wednesday, Dec 12, 2018
HomeActual & ValidSulutManadoManado Ranking Pertama Kota Paling Toleran 2018

Manado Ranking Pertama Kota Paling Toleran 2018

Walikota Manado GS Vicky Lumentut usai menerima penghargaan dari Mendagri Tjahjo Kumolo dan sejumlah penerima penghargaan Kota Paling Toleran.(ist)

SULUTIMES, Manado – Tak diragukan lagi warga Kota Manado begitu mengedepankan toleransi antar umat beragama sebagai bentuk keberagaman bermasyarakat.

Akan hal tersebut, tak ayal, Kota Manado dibawah kepemimpinan Walikota Manado GS Vicky Lumentut dan Wakil Walikota Mor Bastiaan tahun 2018 ini meraih penghargaan rangking pertama sebagai Kota Paling Toleran di Indonesia.
Diketahui, penghargaan serupa diterima Kota Manado juga pada tahun 2017 namun kala itu, kota manado berjejer di urutan dua di bawah Kota Salatiga.

Adapun penghargaan Kota Paling Toleran ini merupakan penghargaan dari SETARA Institut dimana posisi paling tinggi ini berdasarkan Indeks Kota Toleran (IKT) sebagaimana studi Indexing dilakukan SETARA Institute.

Tak tanggung-tanggung, penghargaan tersebut diserahkan langsung Mendagri Tjahjo Kumolo, Jumat (7/12/2018) di Hotel Ashley, jalan KH Wahid Hasyim No 73-75 Jakarta Pusat diterima oleh Walikota Manado GS Vicky Lumentut (GSVL).

Pemberian penghargaan ini terkait peringatan Hari Toleransi Internasional pada 16 November 2018 lalu menyusul hasil studi indexing IKT yang dilakukan SETARA Institute tahun 2018 ini.
Kota Manado peringkat toleransi tertinggi dari 9 kota di Indonesia.

“Manado sebagai salah satu dari 10 kota dengan peringkat toleransi tertinggi di Indonesia sebagaimana hasil studi Indexingyang kami lakukan,” jelas Ketua Badan Pengurus SETARA Institute, Hendardi.

SETARA Institute merupakan organisasi perkumpulan yang bertujuan mewujudkan masyarakat setara, plural dan bermartabat. Penilaian kota paling toleran dilakukan SETARA Institute dengan melakukan IKT.

Program IKT bertujuan menilai praktik-praktik toleransi dalam tata pemerintahan kota dan memberikan insentif sosial bagi kota-kota yang telah bekerja keras memajukan praktik-praktik toleransi dalam tata kelola keragaman masyarakat di masing-masing kota.

“Ini salah satu inisiatif untuk mempromosikan toleransi yang dilakukan pemerintah daerah, khususnya pemerintah kota. Kami melakukan promosi, kajian dan pendidikan public terkait dengan pluralisme, kemanusiaan, demokrasi, hak azasi manusia dan perdamaian,” pungkas Hendardi.

 

*/Jakas

Comments

comments

ODSK Terus Bergerak
Ini Daftar Nama Lulu

viktory.rotty@yahoo.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

LEAVE A COMMENT

Pin It on Pinterest

Share This