Your Ads

Wednesday, Mar 20, 2019
HomeActual & ValidEkonomi & BisnisCapai Angka 6,01 Persen, Pertumbuhan Ekonomi Sulut Diatas Angka Nasional

Capai Angka 6,01 Persen, Pertumbuhan Ekonomi Sulut Diatas Angka Nasional

Pertumbuhan Ekonomi Kumulatif Triwulan III tahun 2018 di Sulut.(sulutimes)

SULUTIMES, Sulut – Hebat.. Dari data yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulut, pertumbuhan ekonomi kumulatif triwulan III tahun 2018 di Sulawesi Utara tumbuh sebesar 6,01 persen dibandingkan dengan tahun 2017.

Terdongkraknya pertumbuhan ekonomi sulut, diakui Pemerintah Provinsi Sulut salah satu melalui sektor pariwisata.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Sekretaris Provinsi Sulut Edwin Silangen SE MS saat membuka musyawarah daerah ke-V Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Provinsi Sulut, di hotel Plaza Manado, Kamis (28/2/2019).

“Keberhasilan Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw meningkatkan sektor pariwisata menjadi salah satu faktor bertumbuhnya perekonomian di Sulut,” ucapnya.

Pertumbuhan Ekonomi Kumulatif Triwulan III tahun 2018 di Sulut.(sulutimes)

Lanjut Silangen, hal ini pun menjalar ke berbagai sektor strategis lainnya. Bahkan pembangunan daerah ditahun-tahun terakhir ini terus menunjukkan geliat positif, sebagaimana nampak pada pertumbuhan ekonomi Sulut tahun 2018 yang mencapai angka 6,01 persen, lebih tinggi jika dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional yakni 5,27 persen,” tuturnya.

Bergeraknya pertumbuhan ekonomi Sulut, tambah Silangen, angka kemiskinan menurun, dimana pada tahun 2016 berada pada angka 8,20 persen dan ditahun 2018 sudah berada di angka 7,59 persen.

“Turunnya angka kemiskinan ini berpengaruh pula pada angka pengangguran dimana yang mapu ditekan hingga 6,86 persen ditahun 2018, dari sebelumnya 7,18 persen pada tahun 2017,” ungkap Silangen.

Sementara itu terkait sektor pariwisata dijelaskan pula, dalam tahun-tahun terakhir terjadi peningkatan yang signifikan terkait jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Provinsi Sulut. Dari sebelumnya ditahun 2016 jumlah wisatawan 48.288 orang, ditahun 2017 berhasil mencapai angka 86.976 kunjungan, dan pada tahun 2018 berdasarkan data terakhir BPS Sulawesi Utara tercatat angka kunjungan Wisatawan selang bulan januari hingga november telah menembus angka 113.255 kunjungan.

Pertumbuhan Ekonomi Kumulatif Triwulan III tahun 2018 di Sulut.(sulutimes)

“Ini adalah berkat sinergitas kerja segenap komponen pembangunan didaerah dan dukungan penuh dari pemerintah pusat, serta upaya-upaya strategis segenap stakeholder dalam memperbaiki infrastruktur pariwisata, kualitas SDM pariwisata kuantitas dan kualitas destinasi wisata, termasuk memperbanyak iven-iven pariwisata yang ada di 15 kabupaten/kota di Provinsi Sulut,” terangnya.

Diketahui bersama, capaian angka kunjungan Wisman tersebut dapat ditorehkan berkat upaya Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang terus peduli terhadap sektor pariwisata dengan di dukungan penerbangan langsung Manado-Tiongkok.

BRSbrsInd-20181105135658 

Sumber: BPS Sulut

 

Jakas

Comments

comments

Ini Kinerja Pelayana
Dampingi Wagub SK, M

viktory.rotty@yahoo.com

Rate This Article:
NO COMMENTS

Sorry, the comment form is closed at this time.

Pin It on Pinterest

Share This