Diduga Terindikasi Virus Corona, Menkes: Hasil Pemeriksaan Secara Klinis Tidak

0
35
Konferensi Pers Menteri Kesehatan RI Dr Terawan A Putranto didampingi Kadis Kesehatan Daerah Sulut dr Deiby Kalalo.(foto:istimewa)

SULUTIMES, Sulut – Tak lama setelah mendengar kabar adanya salah satu kru pesawat terbang dari Tiongkong yang tiba pada Sabtu Minggu lalu, diduga terserang virus Corona yang diketahui merupakan crew pesawat yang bertugas sebagai penerjemah.

Menteri Kesehatan RI Dr Terawan Agus Putranto langsung meninjau pasien yang saat ini sedang di rawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Prof Kandou Manado, Minggu (26/1/2020).

Usai meninjau, Menkes Terawan saat konferensi pers menyatakan bahwa sang pasien secara klinis tidak terindikasi virus Corona. Meski demikian hasil laboratorium RSUP Prof Kandou akan diperiksa di Balai Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Bapelitbangkes).

“Saat saya temui orang ini betul-betul sadar, dia ingin di clear harus bersih. Meskipun secara klinis tidak ada tapi kita ikuti supaya semua puas. Tinggal tunggu hasilnya ke Bapelitbangkes,” ujar Terawan.

Dr Terawan pun mengakui bahwa sang pasien merupakan pahlawan karena mau mengakui dan memeriksa kesehatan sepulang dari Tiongkok.

“Gadis ini sangat berani. Kami sangat bangga dengan pribadinya,” tambahnya.

Seperti diketahui pada Sabtu kemarin  salah satu kru pesawat komersil dari Tiongkok yang bertugas sebagai penerjemah di kabin maskapai penerbangan tanah air sempat diperiksa pihak Kantor Kesehatan Pelabuhan kelas dua Manado karena suhu tubuhnya mencapai 38 derajat Celsius.

Tak menunggu lama, sang pasien ini pun juga memeriksakan kesehatannya di RSUP Prof Kandou selanjutnya diisolasi di Irina FS rumah sakit tersebut.

Nampak hadir pada konferensi pers tersebut, Kadis Kesehatan Provinsi Sulut dr Deiby Kalalo, Wakil Walikota Manado Mor Bastian, pihak RSUP Prof Kandouw Manado.

 

Jakas/*

Comments

comments

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here